SMPN 1 Trowulan Kabupaten Mojokerto Kemas Pembelajaran dengan Terapkan Program Inovatif

Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, guru harus punya kreativitas dan inovatif yang diajarkan pada peserta didik.

Salah satunya yang diterapkan SMPN 1 Trowulan dengan melahirkan beragam program inovatif.

Dipimpin oleh Ridha Dwi Wulansari, M.Pd, sekolah yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Trowulan ini menggulirkan beragam program inovasi pembelajaran. Salah satunya, program Tren Holiday (Pesantren Liburan) yang dilaksanakan saat liburan sekolah.

’’Tujuannya untuk mengisi liburan dengan belajar agama yang menarik dan menyenangkan, meminimalisir pengaruh gadget di kalangan murid, serta menambah ilmu dan keterampilan mereka,’’ katanya.

Juga ada program Sahabaj (Satu hari berbahasa Jawa) sebagai bahasa sehari-hari agar para peserta didik bisa berkomunikasi dengan tata krama yang baik.

’’Lewat pembiasaan ini, agar murid-murid memiliki literasi berbahasa Jawa yang adi luhung. Serta menjaga adab dan tata krama, baik dengan yang lebih tua maupun dengan teman sebayanya,’’ jelas dia.

Program inovasi ketiga yakni Taqhesih (Taqwa, Sehat, Bersih) tiap seminggu sekali dan bergantian di setiap jenjang kelas.

’’Kegiatan ini diisi dengan senam sehat, sarapan sehat dan minum tablet tambah darah bagi siswa putri. Sedangkan khusus kelas IX melakukan kegiatan kebersihan yang digelar secara bergilir setiap minggunya,’’ pungkas Ridha. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :