Bupati Mojokerto Terima Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional

Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Wiyata Dharma Pratama dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Penghargaan yang diserahkan oleh Bunda PAUD Nasional Iriana Joko Widodo itu karena Bupati Ikfina telah ikut berperan aktif dalam melakukan praktik baik untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Bunda PAUD Nasional Iriana Joko Widodo mengapresiasi Bunda PAUD di seluruh Indonesia atas pencapaian dan upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

’’Kami sangat berbangga, karena sejak gerakan ini diluncurkan, antusiasme di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi. Semakin banyak kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk membuka wawasan masyarakat terkait gerakan ini,’’ ungkap ibu negara dalam sambutannya.

Di hadapan 270 Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota serta sekitar 840 anggota Pokja Bunda PAUD, beserta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang hadir, Iriana Joko Widodo juga menyempatkan berdialog bersama beberapa perwakilan Bunda PAUD. Sekaligus mengajak para Bunda PAUD untuk bersama-sama melaksanakan merdeka bermain bagi anak PAUD dan SD.

Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim, apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 ini merupakan bentuk terima kasih kepada para Bunda PAUD yang telah turut menyukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

’’Kemendikbudristek selama 4 tahun ini terus mendorong sistem pendidikan secara masif dan holistik untuk merubah proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan,’’ ungkapnya.

Terdapat tiga target perubahan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Di antaranya, satuan pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD; menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama; dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD.

’’Mari menguatkan sinergi dan kolaborasi yang sudah terjalin dan terus melanjutkan gerakan ini. Bekal enam kemampuan pondasi anak dapat dijadikan sebagai pembelajar sepanjang hayat bagi mereka,’’ tegasnya.

Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional ini berlangsung dua hari pada tanggal 7-8 November 2023. Sebelum penyerahan penghargaan, Ikfina mengikuti diskusi tanya jawab dengan tema Kolaborasi; Kunci Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Bersama Dirjen PDM Irwan Syahril, Psikolog Rose Mini, dan moderator Shahnaz Haque.

Dirjen PDM Iwan Syahril mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi penuh kepada Bunda PAUD dan pemda yang turut serta dalam membangun gerakan Merdeka Belajar.

’’Mari lanjutkan gerakan ini, karena sejauh ini sudah memberikan dampak yang baik untuk pendidikan dan memberikan perubahan lebih baik untuk masa depan Indonesia,’’ ungkapnya.

’’Lebih dari 500 SD yang telah berhasil menerapkan belajar mandiri dengan adanya program Merdeka Belajar,’’ tambah Iwan Syahril menegaskan.

Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Itje Chodidjah menyampaikan, UNESCO akan terus berupaya dalam memberikan kontribusi signifikan untuk perawatan dan pendidikan bagi anak usia dini. Usia 0-5 Tahun merupakan masa emas, sehingga penting ditanamkan 6 kemampuan pondasi anak.

’’Peranan Bunda PAUD  sangat penting sebagai kunci untuk merubah mindset masyarakat dan orang tua dalam penerapan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,’’ pungkasnya. (dskm/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :