Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Inotek Award Jatim 2023

Pemkot Mojokerto menerima penghargaan sebagai Terinovatif IV dalam ajang Anugerah Inovasi Daerah dan Inovasi Teknologi (Inotek Award) Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 kategori inovasi teknologi di bidang non ekonomi, dengan mengusung Amping (Ayo Main Ping): Inovasi Pembelajaran Matematika.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Kepala Bappedalitbang Agung Moeljono di Ballroom A lantai 1 Hotel Novotel Samator, Surabaya, Senin (9/10).

“Selamat, sukses, dan teruslah melakukan inovasi,” ujar Khofifah dalam sambutannya, pasca menyerahkan penghargaan kepada para pemenang.

Perlu diketahui, Inotek Award digelar tahunan oleh Brida Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur. Proses seleksi diawali dengan berupa pengajuan usulan inovasi dari setiap kabupaten/ kota. Berikutnya, dipilih 15 inovasi terbaik untuk memaparkan proposal secara langsung.

“Pemkot Mojokerto sendiri sebelumnya telah melakukan penjaringan dengan menggelar lomba Mojo Indah (Mojokerto Inovasi Daerah) tahun 2023. Inovasi terbaik dalam lomba tersebutlah yang kemudian kami usulkan dalam Inotek Award,” papar Kepala Bappedalitbang Agung.

Dari sejumlah inovasi yang diusulkan, Amping berhasil mengantarkan Kota Mojokerto mendapat predikat Terinovatif IV. Inovasi dalam bidang pendidikan ini adalah pemenang inovasi kategori masyarakat dalam Mojo Indah 2023.

Inovator Amping, Badri, menceritakan jika temuannya ini dilatarbelakangi oleh kepeduliannya terhadap perkembangan kognitif dan kemampuan matematika dasar pada siswa sekolah dasar kelas 4-6 di kota Mojokerto.

“Jadi konsepnya adalah sebuah permainan matematika interaktif yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak, karena selain bisa bermain, anak-anak juga bisa sambil belajar,” ujar Badri yang juga turut serta memamerkan inovasinya di Inotek Award 2023.

Kedepan, dengan dukungan Pemkot, inovasi ini akan diperkenalkan lebih luas, untuk bisa diterapkan kepada seluruh sekolah dasar yang ada di Kota Mojokerto, selain dari sekolah-sekolah yang sudah diperkenalkan sebelumnya sebagai pilot project.(inf/mjf/ram)