Tingkatkan Sinergitas Koperasi Dan Ukm , Diskopukm Jatim Gelar Rakor di Kota Mojokerto

Untuk meningkatkan sinergitas antara provinsi dan kabupaten/kota terkait program dan kegiatan pemberdayaan koperasi dan UMKM serta pengembangan kewirausahaan di Jawa Timur, Dinas Koperai dan UKM Provinsi Jawa Timur menggelar Rakor Lanjutan Perencanaan Pemberdayaan KUMKM serta Kewirausahaan Tahun 2024 di Kota Mojokerto.

Saat pembukaan rakor yang berlangsung di Ruang Sabha Mandala Madya, Balai Kota Mojokerto pada Jumat (1/9/2023), Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sehingga Kota Mojokerto bisa dijadikan tempat rapat koordinasi di tahun 2023 ini.

Sosok yang akrab disapa Gaguk ini juga menjelaskan bahwa Kota Mojokerto sangat minim sumber daya alam, sehingga sumber daya manusia menjadi kekuatan utama untuk pembangunan di Kota Mojokerto.

“Kota Mojokerto tidak memiliki SDA, satu-satunya yang kami andalkan adalah SDM oleh karena itu prioritas pembangunan ibu wali kota adalah berdasarkan kekuatan SDM yang ada di Kota Mojokerto,” kata Gaguk.Ia menambahkan bahwa untuk mewujudkan ekonomi daerah yang mandiri, berkeadilan, dan berdaya saing yang merupakan misi keempat dalam prioritas pembangunan Wali Kota Ika Puspitasari tentunya melalui koperasi dan ekonomi kerakyatan. “Oleh karena itu sektor perdagangan dan jasa adalah sektor kekuatan kami dalam rangka mewujudkan ekonomi daerah yang mandiri sehingga senantiasa kita prioritaskan dan kita kejar capaiannya,” lanjut Gaguk.

Dengan terselenggaranya Rakor lanjutan ini Gaguk berharap antar Diskopukm dapat untuk saling mengisi, saling memberikan saran dan masukan, saling memberikan penguatan. “Tentu harapannya melalui Diskopukm Provinsi kita mendapatkan sinergitas yang lebih baik lagi antar kota dan kabupaten,”harapnya.

Dalam kesempatan ini Gaguk juga sedikit memberikan gambaran tentang program penguatan ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Mojokerto melalui program 4 P yaitu Pelatihan, Pemberian Modal, Pendampingan dan Pembentukan koperasi. Dimana untuk koperasi di Kota Mojokerto juga tengah diupayakan untuk agar koperasi sehat menjadi lebih banyak.

Rakor Lanjutan Perencanaan Pemberdayaan KUMKM serta Kewirausahaan Tahun 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi jawa Timur Andromeda Qomariah dan akan berlangsung selama 3 hari hingga 3 September 2023 esok.(inf/mjf/ram)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :