Meriahnya Pertura, Wali Kota Mojokerto : Sarat Akan Seni Budaya Lokal

Pertunjukan rakyat atau Pertura kembali diadakan Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Setelah sebelumnya diadakan di Kecamatan Magersari (11/8/2023) dan Kecamatan Kranggan (21/8/2023), Kamis (31/8/2023) giliran Kecamatan Prajuritkulon yang menjadi lokasi Pertura.

Dengan menyuguhkan berbagai hiburan yang sarat akan seni budaya lokal seperti bantengan, hingga ludruk, Pertura yang digelar di halaman Pasar Tematik Ketidur, Surodinawan tadi malam dihadiri ribuan warga Kota Mojokerto dan sekitarnya.

Sejak pagi hari terpantau warga sudah berbondong-bondong mengikuti senam bersama, lomba mewarnai hingga lomba fashion show, dilanjutkan pada sore hingga malam hari warga disuguhkan penampilan bantengan, tari-tarian, dagelan, hingga ludruk ‘Karya Budaya’.

Tidak hanya itu, tadi malam Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari juga merayakan Hari Ulang Tahun seluruh warga Kota Mojokerto yang bernama Agus yang lahir di bulan Agustus. Serta melaunching Mojokerto Virtual Tour yang merupakan Panduan berpariwisata di Kota Mojokerto yang bisa diakses oleh masyarakat melalui handphone.

“Ini adalah bagian dari menampilkan seni budaya asli Kota Mojokerto yang masih sangat digemari dan lestari hingga saat ini, sekaligus hari ini dimeriahkan oleh hari Ulang Tahun nya bapak/ibu Agus se-Kota Mojokerto,” ungkap Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Tidak hanya menyuguhkan hiburan semata, Pertura juga diadakan untuk mendekatkan informasi pelayanan Pemkot Mojokerto kepada masyarakat serta pemantik perputaran ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Ning Ita berterima kasih kepada seluruh warga Kota Mojokerto yang telah berpartisipasi menjaga kerukunan, keguyuban sehingga proses pembangunan di Kota Mojokerto berjalan dengan lancar.

“Tanpa ada kekompakan masyarakat, pemerintah tidak akan bisa melaksanakan program-program dengan baik, maka saya mengajak tetap jaga kerukunan kedepan, tetap jaga kekompakan, jangan ada saling gesekan diantara sesama di Kota Mojokerto,” pesannya.

Suasana semakin meriah ketika Ning Ita membagikan sejumlah hadiah sepeda kepada penonton Pertura yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang ia lontarkan. Pertura di halaman Pasar Tematik Ketidur tadi malam sekaligus menjadi penutup rangkaian Pertura tahun 2023 yang diadakan Diskominfo Kota Mojokerto. (dsm/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :