Gubernur Jatim Sambut Jemaah Haji Kloter 87 yang Tiba di Surabaya

Rombongan SUB 87 Jemaah Kabupaten Tuban  tiba di Surabaya dan disambut hangat oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Jumat 8 April 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban (Kemenag)  Ahmad Munir membenarkan  jemaah haji  asal Tuban sudah tiba di Surabaya. Usai penyambutan gubernur Jawa Timur, rencananya malam akan kembali ke Tuban.

“Bersyukur dengan datangnya jemaah haji kloter 87 ini, selesai sudah pemulangan jemaah haji asal Kabupaten Tuban dengan total berjumlah 1.291 jemaah haji,” ujar Ahmad Munir.

Dari jumlah 1.291 orang tersebut, dengan prioritas lansia 41 orang rinciannya umur paling muda 84 orang dan paling tua 90 orang. Munir sapanya menjelaskan, adapun sebanyak 50 orang jemaah haji Kabupaten Tuban masuk kategori kloter 87.

“50 orang itu masuk kuota tambahan yang diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada 22 juni 2023 lalu dan alhamdulillah sekarang sudah selamat tiba ditanah air dengan jumlah utuh,” jelas Ahmad Munir.

Ia juga menambahkan, jemaah haji kloter 87 masuk pada jemaah terakhir yang mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya sekitar pukul 15.10 WIB dan disambut meriah oleh ibu Gubernur dengan pemotongan tumpeng di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pukul 16.40 WIB.

“Para jemaah masuk gedung Muzdalifah untuk mengikuti seremoni penyambutan kedatangan dan juga beberapa pengarahan dari petugas haji,” kata Munir.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin menyampaikan, kloter 87 merupakan jemaah gabungan asal Tuban, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan dan Gresik.

“Adapun jemaah haji asal Tuban yakni 50 orang, jika total keseluruhan dari kloter 87 ada 351 jemaah,” tutur Ashabul Yamin.

Jemaah haji asal Tuban, kata Yamin, telah mengikuti acara penyambutan oleh Gubernur Jatim dan beranjak pulang dari Surabaya ke Tuban pukul 19.00 WIB, diperkirakan sampai Tuban pukul 21.00 WIB.

“Alhamdulilah jemaah haji asal Tuban telah sampai dengan selamat, kami PPIH Kabupaten Tuban menyambut di halaman Kantor Kemenag Tuban,” lanjutnya.

Sebagai informasi, pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga didampingi oleh Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram. (bjt/gk/ram)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :