Perakit Iphone Bangun Pabrik Senilai Rp 9 Triliun

Pabrik perakit ponsel Apple, Foxconn akhirnya jadi untuk berinvestasi membangun pabrik di India. Foxconn diketahui akan menginvestasikan lebih dari US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun (kurs Rp 15.170) untuk membangun pabrik komponen ponsel dan peralatan chip semikonduktor.

Mengutip dari CNBC, Kamis (3/8/2023) informasi tersebut dikatakan oleh Menteri Perdagangan India, bahwa perusahaan Taiwan dan perusahaan chip AS Applied Materials berjanji untuk menginvestasikan lebih dari US$ 360 juta ke dalam pabrik komponen casing ponsel dan sekitar US$ 240 juta ke dalam proyek pembuatan peralatan semikonduktor.

Pembangunan pabrik komponen ponsel tersebut diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja bagi 12.000 orang. Sedangkan fasilitas semikonduktor akan menghasilkan lapangan kerja bagi 1.000 orang.

Foxconn adalah salah satu produsen elektronik terbesar di dunia. Dia paling dikenal sebagai perakit utama Apple. Operasi utama Foxconn ada di China, di mana ia menjalankan pabrik iPhone terbesar di dunia.

Rencana investai pembangunan pabrik itu menjadi yang terbaru. Tetapi nilainya lebih kecil dari rencana investasi sebelumnya.

Foxconn sebelumnya berencana dengan konglomerat logam-ke-minyak India Vedanta untuk membangun pabrik chip semikonduktor senilai US$ 19,5 miliar. Tapi Foxconn membatalkan rencana tersebut bulan lalu.

Alasannya, keputusan itu berdasarkan kesepakatan bersama meskipun tetap yakin tentang ambisi semikonduktor India. Sebelumnya rencana investasi di proyek patungan itu disampaikan sejak September 2022.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :