Sebanyak Rp 14,6 T Sudah Habis Untuk Perbaikan Jalan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambilalih beberapa perbaikan jalan rusak di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini masuk ke dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membeberkan progres terkini perbaikan jalan yang masuk ke dalam rencana Inpres 3 tahun 2023. Tahun ini sendiri pemerintah mengucurkan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun sendiri untuk perbaikan jalan di daerah.

Basuki mengatakan saat ini uang itu sudah terpakai Rp 7,4 triliun untuk perbaikan jalan daerah sepanjang 1.600 kilometer di berbagai daerah.

“Minggu ini sudah semua jalan (perbaikannya) yang Rp 7,4 triliun itu sudah semua di lapangan,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023).

Basuki membeberkan tahun ini masih akan ada beberapa ruas lagi yang akan diproses perbaikannya dengan anggaran yang tersisa Rp 7,2 triliun.

“Rp 7,2 t sisanya masih diproses DIPA-nya minggu ini selesai dan langsung masuk e-catalog,” kata Basuki.

Dari catatan detikcom, Basuki pernah menjelaskan total anggaran perbaikan jalan sebanyak Rp 14,6 triliun bakal digunakan untuk perbaikan jalan sebanyak 573 ruas. Rinciannya panjang jalan yang diperbaiki 2.873 kilometer dan jembatan sepanjang 2.363 meter.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :