” Kucing Condromowo ” Maskot Kota Mojokerto di Porprov Jatim VIII

Pemerintah Kota Mojokerto telah melakukan persiapan total untuk menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur pada tanggal 9-16 September 2023.

Maskot yang akan mewakili Kota Mojokerto dalam Porprov ini adalah Cak Condro, yang berbentuk Kucing Condromowo dan memiliki keterkaitan dengan perkembangan sejarah kota ini.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto, Rachmi Widjajanti, penentuan Kucing Condromowo sebagai maskot adalah hasil dari kajian yang dilakukan oleh Dewan Kebudayaan Kota Mojokerto.

Kucing Condromowo adalah kucing dengan bulu tiga warna atau yang dikenal sebagai kucing belang telon dalam budaya Jawa. Nama “Condromowo” diambil dari bahasa Jawa, dengan “Condro” berarti cahaya dan “Mowo” berarti bara api.

Rachmi menjelaskan bahwa Kucing Condromowo dianggap istimewa karena memiliki tatapan mata yang tajam yang diyakini bisa membuat mangsa atau musuhnya ketakutan. Selain itu, dalam tradisi, induk kucing Condromowo akan membunuh bayi kucingnya jika tidak segera diselamatkan.

Dengan mengambil Kucing Condromowo sebagai maskot, diharapkan dapat menjadi penyemangat dan membangkitkan semangat para atlet untuk bertanding dalam Porprov VIII Jatim 2023.

Sementara itu, Ketua PB Porprov VIII/2023, M Ali Affandi LaNyalla Mattalitti, menyatakan kebanggaannya terhadap Pemkot Mojokerto dalam persiapan sebagai tuan rumah Porprov. Selama kunjungan untuk finalisasi venue Porprov VIII, daerah yang sudah dikunjungi, termasuk Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto, sudah siap untuk menggelar Porprov, terutama Kota Mojokerto yang telah menyiapkan maskotnya.

Pada hari ketiga kunjungan venue Porprov VIII, tim KONI Jatim dan technical delegate melakukan peninjauan di Kota Mojokerto pada Rabu (26/7/2023). Secara umum, Kota Mojokerto sudah siap untuk menggelar 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan dilombakan.(gk/maja)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :