Antisipasi Kemarau Panjang Akibat El Nino, Ini Pesan Presiden Kepada Menterinya   

Ilustrasi Kemarau Panjang Akibat El Nino - Foto: Getty Images/China Photos

Kemarau panjang bakal membayangi Indonesia, hal ini akan timbul karena adanya siklus El Nino. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti para menterinya untuk bersiap mengantisipasi dampak El Nino.

Sejauh ini, Jokowi bilang pemerintah sudah menyiapkan infrastruktur yang mendukung pasokan air bagi masyarakat. Sudah ada 5.000 embung dan 38 bendungan yang selesai dibangun untuk menjaga pasokan air.

“Antisipasi juga musim kemarau panjang, akibat El Nino. Meksipun riil kita sudah bangun ribuan lebih, dari 5.000 embung, bendungan juga sudah selesai 38 akan selesai lagi menjadi 61 tahun depan,” ungkap Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Jokowi meminta agar pasokan air dikelola dengan baik di embung dan bendungan yang sudah dibangun. Menurut, kemarau panjang dapat berpotensi memicu kekeringan.

“Tapi tetap ini harus urusan pasokan air di embung dan bendungan yang dibangun betul-betul harus di kelola dengan baik,” kata Jokowi.

Kemarau panjang juga berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Jokowi juga meminta jajarannya mewaspadai potensi tersebut. “Kita juga harus antisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ujar Jokowi. (dtk/gk/mjf)

 

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6803416/el-nino-picu-kemarau-panjang-jokowi-minta-menteri-waspada

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :