Jemaah Haji Indonesia Yang Meninggal Bertambah Menjadi 5 Orang

Pemakaman Baqi tempat dimakamkannya Calon Haji Indonesia yang meninggal di Madinah, Arab Saudi. Foto: Antara/ MCH 2023

Zainal Muttaqin Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah menyatakan jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi kembali bertambah.

Kali ini Aminah Uyu Sunarta (64) dari Kloter JKS 7 yang diinformasikan meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

“Hingga hari ini kami mendapatkan informasi jemaah yang meninggal sudah lima orang. Semalam jemaah dari JKS 7 Ibu Aminah,” kata Zainal Muttaqin, pada apel pagi di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Rabu (31/5/2023) dilansir Antara.

Dia menjelaskan, informasi dari dokter yang menangani, Aminah meninggal dunia karena gangguan pernapasan.

“Beliau meninggal karena gangguan pernapasan. Kita mendoakan mudah-mudahan beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggal sabar dan mendapat kebaikan dari apa yang dilakukan almarhumah,” katanya seperti yang dilansir dari suarasurabaya.net.

Rencananya jenazah dimakamkan di Baqi yang berada di Kompleks Masjid Nabawi, karena Pemerintah Indonesia senantiasa mengupayakan jemaah haji Indonesia baik laki-laki dan perempuan yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi.

“Iya rencananya dimakamkan di Baqi. Kami akan konfirmasi ke KJRI terkait Ibu Aminah. Kami selalu berkoordinasi dengan pihak muassasah dan pengelola Masjid Nabawi atau idaroh kantor pemakaman di seputaran Masjid Nabawi. Saat ini semua yang empat (meninggal dunia-red) sudah, dimakamkan di Baqi,” katanya.

Zainal Mutaqin juga mengatakan, pihaknya selalu berharap seluruh jemaah haji Indonesia dalam kondisi sehat, sehingga bisa menjalankan ibadah haji hingga selesai.

“Kami berharap jemaah lainnya dalam kondisi sehat dan tetap bisa melaksanakan ibadah haji,” kata Zaenal Muttaqin.

Sebelumnya empat jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Madinah. Yakni Suprapto Tarlim Kerto Wijoyo Kkloter tiga Embarkasi Solo (SOC) 03, yang meninggal dunia pada Rabu 24 Mei 2023 akibat serangan jantung.

Kemudian, Achmad Suhandak Riduwan (53) Kloter 9 Embarkasi Surabaya (SUB) 09 meninggal sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMMA), Sabtu 27 Mei 2023.

Selanjutnya, Lengen Delem Dussalam calon haji embarkasi Surabaya (SUB) 001, meninggal dunia akibat septic shock (infeksi di dalam tubuh). Berikutnya, Ibnu Sahid Bin Dasir yang meninggal dunia dengan hasil diagnosis meninggal karena menderita penyakit jantung. (ssnet/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :