Pemkot Mojokerto Jadi Tempat Kegiatan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Angkata I dan II Kejaksaan RI

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Jawa Timur menjadi salah satu lokus atau tempat kegiatan studi lapangan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan I dan II Kejaksaan RI tahun 2023.

Rombongan yang dipimpin oleh Jaksa Fungsional Badan Diklat Kejaksaan RI, M. Farkhan Askari, SH., MH tersebut diterima oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di ruang command center Pemerintah Kota Mojokerto, Selasa (23/5/2023).

“Tujuan kami ke Kota Mojokerto adalah untuk belajar kepemimpinan dari Ibu Wali Kota Mojokerto, dalam mengelola organisasi, menghadapi perubahan-perubahan yang sangat cepat, kita tahu sangat banyak inovasi-inovasi yang sudah dihasilkan oleh Kota Mojokerto untuk menjawab tantangan itu dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami ingin mempelajari, adopsi dan modifikasi untuk bisa kami terapkan di Kejaksaan RI,” ungkap Farkhan.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari merasa tersanjung atas dipilihnya Kota Mojokerto sebagai salah satu lokus studi lapangan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan I dan II Kejaksaan RI tahun 2023, yang diikuti oleh 30 Satuan Kerja se-Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah kalau Kota Mojokerto ditetapkan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Kejaksaan RI dalam pelatihan di tingkat pengawas pada tahun 2023 ini. Kami ingin memperkenalkan bagaimana kondisi dan potensi yang ada di Kota Mojokerto,” kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto tersebut menyampaikan bahwa Kota Mojokerto saat ini tengah menasbihkan (mengukuhkan) diri dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) nya sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya.

“Dalam RPJP kami itu kami mengarah pada kawasan metropolis, tidak lagi hinterland atau kota penyangga, karena sekarang aksesbilitas ke Kota Mojokerto dengan dibukanya tol ini Kota Mojokerto sudah mengarah kepada kota metropolis,” terangnya.

Selain menjelaskan terkait kondisi dan potensi Kota Mojokerto, Ning Ita juga menjelaskan terkait tiga inovasi unggulan yang dimiliki Pemkot Mojokerto, diantaranya inovasi ‘Curhat Ning Ita’ yang merupakan akronim dari Curahan Hati Ning Instansi Pemerintah, inovasi ‘Gayatri’ akronim dari Gerbang layanan informasi terpadu dan terintegrasi, dan inovasi ‘Bajak Sambal Terasi’ akronim dari Bayar Pajak Pakai Sampah Bisa Langsung dan Terintegrasi.

Sebagai kota yang minim Sumber Daya Alam (SDA) , dibawah kepemimpinan Ning Ita Pemkot Mojokerto fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mewujudkan visi Kota Mojokerto yang berdaya saing, mandiri, adil dan sejahtera. Hingga saat ini, Pemkot Mojokerto telah memiliki 195 inovasi, dan berhasil menjadi kota terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022.

Usai diterima oleh Wali Kota Mojokerto, rombongan studi lapangan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan I dan II Kejaksaan RI tahun 2023 tersebut melanjutkan kunjungan lapangan ke tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto, diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku leading sector inovasi ‘Curhat Ning Ita, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesppkb) selaku leading sector inovasi ‘Gayatri’, serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) selaku leading sector inovasi ‘Bajak Sambal Terasi’.

Selain Pemkot Mojokerto, instansi lain yang juga dijadikan lokus kegiatan studi lapangan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan I dan II Kejaksaan RI tahun 2023 adalah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, dan Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :