Ini Olahraga Paling Cocok Untuk Pasien Asma

Olahraga yang dianjurkan untuk pasien asma. Dokter sebut jalan kaki bisa jadi salah satunya. (Sumber: Pixabay)

Memilih olahraga yang tepat untuk pasien asma bisa jadi sulit. Pasalnya, asma berisiko kambuh saat olahraga dan membuat Anda mengalami sesak napas.

Meski begitu, pasien asma bukan berarti tidak bisa berolahraga. Masih ada lho olahraga yang dianjurkan. Lantas, apa sajakah olahraga yang paling cocok untuk pasien asma?

Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Arief Bakhtiar mengungkapkan bahwa pasien asma dapat memilih jenis olahraga yang tidak mengharuskan mereka menghentak-hentak.

“Olahraga yang disarankan untuk penderita asma itu sifatnya olahraganya yang tidak menghentak-hentak. Seperti katakanlah sepak bola, bulu tangkis. Itu umumnya kalau untuk awal-awal tidak disarankan,” ujar Arief dalam konferensi pers Hari Asma Sedunia bersama PDPI ditulis Rabu, (3/5/2023).

Arief menjelaskan bahwa olahraga yang dianjurkan harus berkelanjutan. Serta, olahraga yang tidak menyebabkan adanya perubahan pada saluran napas secara mendadak saat melakukannya.

“Disarankannya yang sifatnya continue, seperti renang kemudian jogging, yoga, jalan kaki. Itu kan sifatnya continue tidak menghentak-hentak, itu disarankan, karena perubahan kelembaban pada saluran napas yang tidak mendadak,” kata Arief.

“Tapi memang hati-hati juga pada beberapa penderita yang katakanlah masih hypersensitive pada hawa dingin. Mungkin pada awal-awal ya bakal sering batu-batuk atau merasa gak nyaman dulu. Tapi semakin lama semakin dilatih biasanya bisa membaik,” sambungnya.

Arief mengungkapkan bahwa saat hendak berolahraga, pasien asma dianjurkan untuk menyiapkan obat-obatan pelega. Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi jikalau asma kambuh.

“Tentu saja obat-obat pertolongan seperti obat-obat pelega itu harus selalu disediakan saat sedang menjalani olahraga,” ujar Arief.

Arief menambahkan, pasien asma juga bisa mengikuti senam asma. Sebab, senam asma memiliki tahapan tersendiri yang bisa dilakukan oleh para pasien agar asma tidak mudah kambuh.

“Senam asma yang rutin dimana senam asma itu ada tingkat-tingkatannya. Ada untuk pemula, yang lebih ringan. Makin lama yang sudah terlatih intensnya makin meningkat,” kata Arief. (lptn/gk/mjf)

 

Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/5275767/olahraga-paling-cocok-untuk-pasien-asma-salah-satunya-jalan-kaki

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :