Begini Tips Agar Olahraga Lebih Mudah Dilakukan

Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)

Faktanya olahraga menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Laman Healthline menjelaskan, olahraga idealnya dilakukan sebelum kamu memulai aktivitas rutin atau sebelum jam 9 pagi. Itu artinya, Anda akan memulai hari dengan meningkatkan hormon endorfin yang membantu memberikan energi positif dalam diri.

Namun, jika Anda ingin berolahraga saat sore atau malam hari, sebenarnya sah-sah saja. Manfaat yang bisa didapatkan tentunya dapat memberikan efek relaksasi. Nah, berikut ada 4 tips yang bisa Anda ikuti, jika ingin olahraga dengan mudah di rumah secara rutin.

1. Jadwalkan Waktu Olahraga Anda

Mau tidak mau, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda tetap harus berusaha untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Jadwalkan olahraga Anda selama waktu yang paling nyaman. Jika Anda terbiasa berolahraga di pagi hari, cobalah untuk bangun lebih awal dan berolahraga sebelum aktivitas rutin dimulai.

Apabila Anda lebih suka berolahraga di siang ke sore hari, antara jam 2 siang sampai jam 6 sore adalah suhu tubuh yang paling tinggi, artinya Anda harus mempersiapkan waktu luang di antara jam tersebut.

2. Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Pastikan Anda memilih jenis olahraga yang tepat dan tidak terlalu melelahkan tubuh. Jika Anda cenderung menyukai olahraga di pagi hari di rumah, ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan.

Pertama adalah jalan cepat atau lari yang dapat meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak yang lebih baik. Kedua adalah plank yang membantu membangun otot inti dan memperbaiki postur tubuh.

Ketiga adalah jumping jack yang merupakan latihan kardiovaskular yang melibatkan kekuatan kaki dan sendi bahu. Olahraga jenis ini akan membuat Anda lebih berenergi sepanjang hari. Keempat adalah squat yang bisa Anda lakukan satu atau dua set setiap latihan dan keuntungannya, pembakaran kalori lebih banyak.

3. Perhatikan Asupan Nutrisi Anda

Penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang tepat. Konsumsilah makanan yang kaya serat dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam. Jika olahraga dilakukan pagi hari dan Anda adalah orang yang harus sarapan, ada baiknya mengonsumsi makanan seperti sereal yang sarat gula, seperti oatmeal. Tambahkan juga protein seperti susu atau yoghurt.

4. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak keringat dan harus segera digantikan dengan cairan lain, seperti air mineral. Ya, pastikan tubuhmu mendapatkan cairan pengganti dari air mineral agar tetap terhidrasi.

Alasan mengapa harus mengonsumsi air mineral karena tubuh tak bisa memproduksi mineral sendiri. Maka dari itu, untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, pilihlah air mineral yang berasal dari sumber mata air pilihan. (gk/lptn/mjf)

 

 

Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/5273629/agar-olahraga-lebih-mudah-dilakukan-simak-4-tips-berikut-ini

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :