Begini Tips Merawat Mesin Mobil Kesayangan, Agar Kondisi Tetap Prima Saat Mudik Lebaran

5 Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil Kesayangan agar Kondisi Tetap Prima saat Mudik Lebaran 2023 (dok: PUPR)

Menggunakan mobil pribadi saat mudik Lebaran 2023 merupakan pilihan yang tepat jika Anda tidak ingin terikat dengan jadwal transportasi umum. Selain itu, mudik menggunakan mobil memiliki sensasi tersendiri, salah satunya menikmati kemacetan selama perjalanan.

Jangan lupa untuk mulai mempersiapkan kondisi mobil agar mudik aman dan nyaman. Selain menjaga kebersihan interior dan memastikan ban serta rem kendaraan dalam kondisi baik, merawat mesin mobil sangatlah penting dan dianjurkan. Mesin itu ibarat jantung kendaraan,sehingga agar dapat bekerja secara maksimal perlu dipastikan kesehatannya.

Berikut 5 tips sederhana merawat mesin mobil kesayangan:

  1. Panaskan Mesin Kendaraan Setiap Hari

Usahakan untuk menyalakan mesin kendaraan setiap pagi, atau minimal 2 kali seminggu. Panaskan selama maksimal 5 menit, agar komponen mesin selalu terlumasi dan mencegah korosi.

  1. Mengganti Oli Mesin

Sebelum berangkat, pastikan kondisi oli mesin berada pada volume yang cukup atau penuh agar tidak ada sisa ruang yang dapat menyebabkan embun yang dapat merusak mesin. Oli membantu menjaga bagian-bagian penting mesin tetap terlumasi dengan baik dan menjaga temperatur mesin. Periksa buku manual kendaraan Anda untuk melihat interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

  1. Mengganti Filter Udara

Filter udara mencegah partikel masuk ke mesin yang dapat menyebabkan kerusakan. Filter udara yang bersih membantu menyalurkan udara segar yang dibutuhkan mesin agar terus bekerja seperti yang diharapkan. Menjaga filter udara tetap bersih akan menjauhkan partikel debu tersebut dari mesin kendaraan Anda.

  1. Cek Air Radiator

Fungsi utama radiator ialah menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Perjalanan jauh dapat membuat mesin mobil rentan panas. Untuk itu perlu pastikan volume air radiator agar mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin.

  1. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin kendaraan yang bersih dan terawat tentunya akan memberikan banyak keuntunganya itu tak hanya mesin menjadi lebih awet atau tidak mudah rusak, berkendara pun menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan. Memilih bahan bakar yang sesuai spesifikasi mesin dan berkualitas merupakan salah satu tips penting untuk menjaga performa mesin. (lptn/gk/mjf)

 

Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/5252954/5-cara-sederhana-merawat-mesin-mobil-kesayangan-agar-kondisi-tetap-prima-saat-mudik-lebaran-2023

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :