Walikota Mojokerto Apresiasi Kegiatan Kampung Ramadhan Dalam Menggerakkan Ekonomi

Pelaku UMKM Kota Mojokerto khususnya warga Penarip memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomiannya, yakni melalui Penarip Kampung Ramadhan yang dibuka oleh Mojokerto Ika Puspitasari Walikota Mojokerto, Senin (27/3/2023).

Ika Puspitasari atau yang akrab disapa Ning Ita bilang, terselenggaranya kampung ramadhan dalam rangka menggerakkan ekonomi khususnya UMKM yang merupakan sektor ekonomi terbanyak di Kota Mojokerto.

“Kuliner Kota Mojokerto layak untuk dicicipi serta ngangeni untuk dicoba kembali. Bulan Ramadhan yang identik dengannya buka bersama maka kampung ramadhan yang dilaksanakan di berbagai titik di Kota Mojokerto merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka menggerakkan ekonomi di sektor bawah,” katanya.

Lebih lanjut Ning Ita pun sangat mengapresiasi adanya Kampung Ramadhan ini. Sebagai salah satu bentuk apresiasinya, Ning Ita pun memborong berbagai jajanan yang ada. “Saya pribadi sebagai wali kota tentu sangat mendukung kegiatan ini. Saya akan berbelanja seluruh produk UMKM yang ada disini,” tutur Ning Ita.

Dalam kesempatan ini pula ia menegaskan bahwa benteng untuk bisa bertahan dari berbagai dampak negatif era globalisasi hanya satu yaitu fondasi keagamaan yang kuat. “Melalui pondok pesantren dan lembaga pendidikan islam seperti Yayasan As Sholichiyah inilah yang memberikan tambahan kekuatan fondasi agama tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu Moh. Ilyasin, Ketua Yayasan As Sholichiyah menyampaikan bahwa kampung ramadhan pertama kali digelar di pondok pesantren yang menjadi buah dakwah dan warisan Kiai Ilyas ini.

Kampung Ramadhan ini diikuti oleh 50 stan dari wali murid maupun warga sekitar Penarip Gang II dan akan digelar selama kurang lebih tiga minggu di bulan Ramadhan.

“Harapan kita Kampung Ramadhan selain bisa memeriahkan bulan suci Ramadhan, jaga bisa menambah berkah sekaligus menambah perekonomian warga,” terang sosok yang kerap disapa Gus Ilyasin ini.

Pihaknya juga berharap Kampung Ramadhan ini dapat digelar lagi pada bulan ramadhan yang akan datang. Selain adanya berbagai macam kuliner, dalam Penarip Kampung Ramadhan ini juga ditampilkan berbagai kesenian yang merupakan ekstra kurikuler dari lembaga pendidikan As Sholichiyah.

Turut mendampingi Ning Ita saat mengunjungi Penarip Kampung Ramadhan antara lain Camat Kranggan Suharno, Lurah Kranggan Handriono. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :