54 Ribu Buruh dan 51 Ribu Petani  Mendominasi Pasien TBC di Indonesia

Sebanyak 54.800 buruh dan 51.900 orang petani menderita Tuberkolosis atau TBC. Keduanya mendominasi pasien TBC di Indonesia.

Imran Pambudi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Tuberkulosis atau TBC masih jadi salah satu penyakit yang banyak diidap masyarakat Indonesia.  Kelompok buruh dan petani mendominasi pasien TBC di Indonesia.

“Peringkat ketiga, ada wiraswasta sebanyak 44.299 orang.  Dilanjutkan dengan pegawai BUMN dan atau BUMD di peringkat keempat dengan total temuan penderita TBC sebanyak 37.235 orang,” ujarnya.

Imran menyebut kasus TBC di Indonesia kebanyakan dialami oleh masyarakat di usia produktif.  Utamanya, mereka yang berusia 45-54 tahun.

Kondisi ini jelas jadi tantangan. Apalagi, TBC penyakit yang mudah menular. Penanganan harus dilakukan dari hulu ke hilir demi mencegah penularan.

“Orang dengan imunitas buruk sangat berisiko terkena TBC. Misalnya saja mereka yang memiliki HIV/AIDS, dibaetes, gangguan gizi, gagal ginjal, hingga perokok,” pungkasnya.  (gk/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :