Selamat Jalan Nani Wijaya

Dunia seni peran Indonesia kehilangan salah satu aktris terbaik. Nani Wijaya menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis pagi (16/03/2023). Salah satu anaknya, Cahya Kamila mengabarkan hal ini lewat unggahan Instagram terverifikasinya.

Cahya mengungkap bahwa Nani Wijaya meninggal dunia di RS Fatmawati pada Kamis pukul 03.28 WIB. Sebelumnya, pada awal Maret 2023 lalu Nani sempat dilarikan ke RS yang sama karena kondisi kesehatannya memburuk. Kabarnya Nani menderita sakit paru-paru hingga mengalami sesak napas.

Melansir laman Wikipedia Indonesia, Nani Wijaya diketahui terjun ke dunia akting sejak masih di bangku SMP. Nani tercatat bermain dalam 115 film selama periode 1960-2012. Nani juga aktif berakting di layar gelas. Hingga 2021, Nani masih terlibat dalam sinetron Cinta Mulia yang tayang di SCTV.

Lebih dari 60 tahun menggeluti dunia akting, ibu dari enam anak ini telah meraih sederet penghargaan dari berbagai ajang bergengsi, termasuk Piala Citra Festival Film Indonesia. Berikut berbagai penghargaan yang diraih Nani Wijaya

Tercatat, pendukung film Catatan Si Boy ini meraih dua kali Piala Citra dalam kariernya. Nani dinobatkan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 1978 lewat film Yang Muda Yang Bercinta arahan sutradara Sjuman Djaya.

Nani kembali memboyong gelar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI pada tahun 1983, lewat film R.A Kartini yang memasang Jenny Rachman sebagai bintang utama.

Peran Emak Bajuri dalam sitkom Bajaj Bajuri adalah salah satu karakter ikonis yang dibawakan Nani Wijaya sepanjang kariernya. Lewat sitkom ini, Nani Wijaya meraih penghargaan Aktris Pendukung Terpuji kategori Televisi dalam ajang Festival Bandung 2005. Sementara pada 2010, Nani mendapat Lifetime Achievement Awards.

Pernah dua kali menang Piala Citra, Nani juga sempat dinominasikan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI 1981, 1984 dan 1988. Masing-masing untuk film Bukan Sandiwara, Yang Terlarang Tersayang dan Selamat Tinggal Jeanette.

Lewat film Ummi Aminah yang rilis 2012, Nani juga masuk nominasi Indonesian Movie Actors Awards 2012 kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit. Film yang sama mengantar Nani meraih nominasi Aktris Utama Terpilih Piala Maya 2012.

Selamat Jalan Nani Wijaya, karya dan dedikasimu akan tetap abadi.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :