Begini Cara Orangtua Mengatasi Dampak Gagdet untuk Anak

Berkembangnya teknologi ikut mempengaruhi pola pengasuhan orangtua. Apalagi ketika si kecil rewel, banyak orangtua yang lebih memilih memberikan anaknya gadget atau ponsel untuk menenangkannya.

Saat makan pun orangtua tak segan memberikan mereka ponsel agar si kecil bisa tenang mengunyah makanannya.

Terlalu sering membiarkan anak asyik bermain dengan gadget ternyata bisa memberikan dampak kesehatan yang serius.

Berikut efek sampingnya:

  1. Obesitas

Semakin lama anak menghabiskan waktu untuk bermain gadget, semakin besar risikonya mengalami obesitas. Menyediakan gadget, televisi, atau barang elektronik lainnya di kamar tidur anak juga meningkatkan risiko ini. Anak-anak juga bisa mengalami peningkatan selera makan junk food yang dipromosikan dalam iklan, serta makan berlebihan saat bermain dengan gadgetnya.

  1. Tidur tidak teratur

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain gadget, semakin besar kemungkinan anak mengalami kesulitan tidur atau memiliki jadwal tidur yang tidak teratur. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan peningkatan ngemil, yang juga berdampak pada obesitas.

  1. Masalah perilaku

Siswa sekolah dasar (SD) yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari menonton TV, bermain video game, atau menggunakan komputer atau ponsel lebih cenderung memiliki masalah emosional, sosial, dan perhatian. Paparan video game yang berlebihan juga bisa meningkatkan gangguan fokus pada si kecil.

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua?

Meskipun memberikan efek negatif, orangtua juga tidak perlu menghindarkan si kecil dari gadget. Anda tetap bisa membiarkan si kecil bermain gadget, asalkan tidak berlebihan.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal. Seperti menentukan apa yang dilihat anak, dan bisa menentukan video atau program apa saja yang bisa ditonton si kecil.

Selain itu, Anda bisa menggunakan peraturan kontrol orangtua yang biasa tersedia di bagian pengaturan gadget Anda. Jadi, tinjau video game dan aplikasi yang ada sebelum mengizinkan si kecil bermain gadget.

Yang terpenting temani anak saat bermain gadget.  Anda bisa menonton video bersama dan mendiskusikan dengan si kecil pelajaran yang bisa dipetik dari video tersebut. Misalnya, jika melihat iklan junk food, jelaskan saja efek negatif dari konsumsi junk food berlebihan. Hal ini akan membuat si kecil tidak mudah tergoda dengan iklan yang dilihatnya.

Tidak hanya itu, saat di sela-sela si kecil bermain gadget, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan peregangan atau yoga. Anda bisa meminta mereka dengan cara memberi tantangan si kecil melakukan gerakan khusus selama jeda iklan. Anda juga bisa memilhkan mereka video game yang mendorong aktivitas fisik. (kmp/gk/mgf/may)

Nekat Cabuli Anak Tetangga, Kakek asal Mojokerto Dituntut 6 Tahun Penjara

Baca juga :