Mulai 1 Maret 2023, Aplikasi PeduliLindungi Rencananya Berubah Jadi SatuSehat Mobile

Kemenkes menyebutkan perubahan aplikasi PeduliLindungi jadi SatuSehat Mobile pada 1 Maret 2023. Foto: (dok ITDC) Baca artikel detikinet, "Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat Mobile Pada 1 Maret 2023" selengkapnya https://inet.detik.com/mobile-apps/d-6592349/aplikasi-pedulilindungi-berubah-jadi-satusehat-mobile-pada-1-maret-2023. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile terjadi pada 1 Maret 2023. Sebelumnya, transisi aplikasi sejuta umat itu dilakukan pada 28 Februari 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Deputy Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Agus Rachmanto dalam TransforkesTalks #1, Senin (27/2).

“SatuSehat Mobile itu PeduliLindungi yang nanti akan otomatis berubah, karena kita tidak ingin menyulitkan masyarakat. Jadi, kita hanya memberitahukan akan ada perubahan, masyarakat tinggal tunggu nanti tanggal 1 Maret ini aplikasi PeduliLindungi di HP akan berubah sendiri,” tuturnya seperti yang dikutip dari detik.com.

“Kalau memerlukan update, nanti tinggal update saja. Tidak perlu unduh ulang atau registrasi ulang. Jadi, nanti tinggal cek di HP sudah (PeduliLindungi) berubah (menjadi SatuSehat Mobile),” sambung Agus.

Berbicara soal fitur di aplikasi SatuSehat Mobile, Agus mengungkapkan fitur yang tersedia diyakini akan mempermudah penggunaan.

“Mungkin sekarang sebagian fitur mirip seperti PeduliLindungi karena sedang dalam proses transisi, kita sedang proses rekam medis kita di SatuSehat, dengan nanti semakin banyak rumah sakit terintegrasi di SatuSehat nanti fiturnya semakin banyak,” ucapnya.

Agus menegaskan SatuSehat ini akan jadi platform kesehatan utama masyarakat Indonesia sekaligus memangkas jumlah layanan yang serupa.

Mengenai keamanan data SatuSehat Mobile, Kemenkes juga menjanjikan data pengguna terlindungi. Adapun soal ini, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam melakukan sertifikasi aplikasi, menentukan bentuk sistem keamanan, tata kelola teknologi, sampai mengenai registrer manajemen dan sumber daya manusianya.

Diluncurkan sejak April 2020, PeduliLindungi jadi andalan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 melalui fitur dan layanan kesehatan digital yang dihadirkan, mulai memantau penyebaran virus, sertifikat vaksin, dokumen perjalanan, hingga fitur check-in saat memasuki suatu area.Berdasarkan data yang diungkap pada akhir Desember 2022, ada sebanyak 103 juta pengguna aplikasi PeduliLindungi.

Kini setelah sekitar dua tahun eksis, PeduliLindungi akan ‘dimatikan’ dan diubah menjadi SatuSehat Mobile oleh Kementerian Kesehatan terhitung pada 1 Maret 2023. (dtk/gk/mjf)

 

Sumber : https://inet.detik.com/mobile-apps/d-6592349/aplikasi-pedulilindungi-berubah-jadi-satusehat-mobile-pada-1-maret-2023

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :