Dukung Penurunan Stunting, Bupati Mojokerto Ajak Rematri Minum Tablet Tambah Darah

Guna mendukung program nasional (Prognas) dalam hal percepatan penurunan angka stunting, Bupati Mojokerto terus gencar mengajak para remaja putri (rematri) untuk rutin mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD).

Seperti tadi pagi, Bupati Ikfina mengkampanyekan program minum TTD untuk mencegah anemia pada rematri. Kegiatan itu dikemas dalam Jumat Ceria, yang digelar di SMK Negeri 1 Dlanggu, Jumat (24/2).

Selain mengkampanyekan minum TTD, Bupati Ikfina bersama Dinkes dan Forkopimca Dlanggu itu menjelaskan manfaat mengkonsumsi TTD secara rutin bagi rematri diantaranya yakni menggantikan sel darah merah perempuan yang dikeluarkan setiap bulannya atau menstruasi. Selain itu, Ikfina menyebut, rematri yang mengalami anemia atau kekurangan darah bisa menyebabkan mudah mengantuk, otak tidak bisa berpikir dengan cepat, dan tidak bisa konsentrasi.

“Salah satu penyebab wanita bisa kekurangan darah atau anemia adalah menstruasi. Seorang perempuan tidak boleh sampai anemia atau kekurangan darah. Karena sel darah merah ini merupakan salah satu alat transportasi dalam tubuh yang berfungsi untuk mendistribusikan sari makanan, oksigen secara merata ke dalam tubuh,” terangnya.

Selain itu, Bupati Ikfina mengimbau kepada rematri atau siswi SMKN 1 Dlanggu untuk senantiasa mengonsumsi  makanan yang mengandung zat besi, karena zat besi menjadi salah satu faktor utama dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh. Menurutnya, kebutuhan zat besi pada tubuh ini sebesar 15 mg setiap harinya.

“Jadi makanan apa saja yang mengandung zat besi yaitu bayam, daun ketela kacang-kacangan, jeroan, tapi lebih tepatnya adalah hati. Jadi makanan yang paling tinggi kandungan zat besinya yaitu hati, bisa hati ayam, hati kambing, hati sapi, kemudian kuning telur. Karena faktanya 30 persen atau 1/3 remaja putri di Indonesia mengalami kondisi yang namanya anemia atau kekurangan darah,” imbaunya.

Usai melaksanakan Jum’at Ceria di SMKN 1 Dlanggu, Bupati Ikfina melanjutkan kegiatan dengan bertolak ke halaman parkir timur Sunrise, Kota Mojokerto untuk bersama-sama melakukan senam kesegaran jasmani dengan Forkopimda Se-Mojokerto Raya. (gk/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :