Sejarah Hari Pers Nasional 2023

Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI, ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo (Blora, 1880-1918) dikukuhkan sebagai Bapak Pers Nasional karena jasanya sebagai perintis jurnalistik nasional. Beliau mendirikan surat kabar pertama yang dimiliki dan dikelola oleh pribumi, yaitu Medan Prijaji (Bandung, 1907-1912).

Nah, tentu terdapat cerita sejarah di balik penetapan Hari Pers Nasional tersebut. Apa saja fakta penting perayaan Hari Pers Nasional? Pertama, adanya peran wartawan sebagai aktivis dalam pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat. Kemudian, berangkat dari peran wartawan yang begitu penting, terbentuklah organisasi bernama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ditetapkannya Hari Pers Nasional erat hubungannya dengan PWI karena telah dibahas, bahkan menjadi salah satu butir dari hasil Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978. Dalam kongres tersebut, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memeringati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Setelah sekitar tujuh tahun berlalu, akhirnya tanggal 9 Februari ditetapkan secara resmi oleh pemerintah sebagai Hari Pers Nasional. Kala itu, Indonesia berada dalam era orde baru yang mana masih dipimpin oleh Soeharto.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara. Melansir situs resminya, HPN Sumatera Utara mengusung Tema Hari Pers Nasional 2023 adalah ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Sumatera Utara, akan diselenggarakan dengan sejumlah kegiatan. Peringatan tersebut akan digelar pada 7-12 Februari 2023. Dan pada 9 Februari ditetapkan sebagai puncak peringatan Hari Pers Nasional.

Terpilihnya Kota Medan sebagai tempat dalam peringatan Hari Pers Nasional 2023, tentunya memberikan warna tersendiri terkait tema dan logo peringatan.

Dilansir dari situs resmi Pemprov Sumatera Utara bahwa peringatan Hari Pers Nasional menetapkan tema ‘Pers Merdeka, demokrasi Bermartabat’. Selain perilisan tema tersebut, Pemprov Sumatera Utara juga merilis logo Hari Pers Nasional 2023 beserta maskotnya.

Dalam pembuatan logo dan maskot Hari Pers Nasional 2023, pastinya memiliki latar belakang makna yang tersembunyi. Hasil lansiran detikSumut menemukan bahwa makna logo Hari Pers Nasional 2023 bermakna sebagai berikut:

· Huruf (p) yang berwarna-warni dimaknakan sebagai keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan pesta.

· Untaian pita yang membentuk HPN dimaksudkan sebagai lambang pesta raya masyarakat pers, sedangkan jalinan pita dimaknakan sebagai sinergi antar komponennya.

Sedangkan makna maskot Hari Pers Nasional 2023 sebagai berikut:

· Maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah Harimau yang memiliki makna sebagai fauna Sumatera yang dilindungi.

· Baru Oholu yang merupakan pakaian adat daerah Nias sebagai bagian dari adat budaya di Sumatera Utara. Baru Oholu ini melambangkan kekuatan, keberanian, dan kapabilitas para prajurit yang juga harus menjiwai pers nasional.

· Pena merah menggambarkan kerja-kerja pers di tanah air dalam meningkatkan kompetensi.

· Kamera sebagai salah satu alat jurnalistik yang menggambarkan teknologi dalam jurnalistik.

Dilansir dari situs HPN Sumatera Utara, berikut ini serangkaian kegiatan acara peringatan Hari Pers Nasional 2023:

Tanggal 7 Februari 2023:

· Workshop Literasi Digital: Media Sosial & Entrepreneurship untuk Generasi

Milenial dan Seminar Seruan dari Medan

· Seminar & Workshop Adinegoro

· Anugerah Kebudayaan

· Seminar Internasional: Media Sustainability

· Program IKWI

Tanggal 8 Februari 2023:

· Seminar Internasional: North Sumatra Trade Tourism & Investment (Duta Besar)

· Konvensi Nasional Media Massa

· Seminar Olahraga & Rakernas SIWO

· Seminar Dana Perimbangan Pusat dan Daerah

Tanggal 9 Februari 2023:

· Acara Puncak Hari Pers Nasional 2023

· Tour Danau Toba (9-10 Februari 2023)

Tanggal 7-12 Februari 2023:

· Pameran Hari Pers Nasional 2023

Itulah serba-serbi peringatan Hari Pers Nasional 2023. Selamat Hari Pers Nasional 2023.

(gk/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :