Pengisi Suara “ Pak Ogah “ Tutup Usia

Aktor Abdul Hamid yang dikenal sebagai pengisi suara karakter Pak Ogah dalam serial Si Unyil meninggal dunia pada Rabu (28/12) pukul 19.30. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Yuyun, istri dari Abdul Hamid.

“Iya betul, ini masih di kamar jenazah. Tadi meninggalnya jam 19.30 WIB,” kata Yuyun

Sebelum dikenal sebagai Pak Ogah, pria kelahiran 3 Desember 1948 ini juga mengisi sejumlah suara dalam serial tersebut, seperti penjahat dan Engkong Meilani.

Namun Drs. Suyadi alias Pak Raden selaku kreator Si Unyil kemudian memutuskan untuk menciptakan karakter Pak Ogah dengan penggambaran fisik mirip dengan Abdul Hamid.

Pak Ogah pun menjadi tokoh ikonis dengan kepala botak dan kebiasaannya meminta uang cepek alias Rp100 perak ke orang-orang. Karakter Pak Ogah yang konyol begitu berkesan dan diingat oleh generasi ’90-an.

Karakter Pak Ogah terkenal dengan celetukan-celetukannya yang menggelitik. Dua kalimat yang paling diingat adalah “Ogah, aah” dan “Cepek dulu, dong”.

Sosok karakter Pak Ogah juga begitu melekat dengan Abdul Hamid, sampai dirinya tetap dipanggil “Pak Ogah” di kehidupan nyata hingga saat ini.

Kabar pengisi suara Pak Ogah masuk rumah sakit ini kemudian menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2021, Abdul Hamid dikabarkan terbaring di kasur setelah mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak.

Kondisi itu disebut telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Yuyun, istri Pak Ogah menyebut kondisi penyakit itu membuat sang aktor tak bisa berkomunikasi dengan lancar dan berjalan pun mesti dipapah.

Saat di rawat di rumah sakit, Pak Ogah sempat memberontak karena ingin segera pulang. Pak Ogah lalu terpaksa diperbolehkan pulang setelah dirawat selama beberapa hari.

Setelah itu, Pak Ogah kembali dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatan yang menurun. Ia lalu didiagnosis mengidap batu ginjal dan batu empedu. Namun Pak Ogah kembali memberontak hingga akhirnya dibawa pulang ke rumah.

Pak Ogah pun disebut sulit berkomunikasi dengan lancar dan kerap mengigau. Ia juga beberapa kali menyebut nama Pak Raden dan berkata ingin menemuinya.

Ia juga sempat dirawat di rumah sakit berkali-kali. Biaya perawatan Abdul Hamid yang keluar-masuk rumah sakit pun sempat menjadi perhatian publik hingga mengumpulkan donasi.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :