Selamat Jalan.. Semoga Tenang Dalam Keabadian Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih, sosok yang sangat erat dengan cerita Si Doel Anak Sekolahan yang Berjaya pada periode 1994, meninggal dunia di Jakarta pada Rabu (21/12/2022), dalam usia 84 tahun. Sepanjang hayatnya, ia membintangi lebih dari 120 film. Terakhir, ia tampil dalam trilogi Si Doel The Movie.

Meski telah buta dan tak bisa lagi berjalan, Aminah sanggup berakting prima sebagai Mak Nyak lengkap dengan jilbab dan tasbih yang nyaris tak pernah lepas dari tangannya.

Perannya sebagai Mpok Lela alias Mak Nyak bukan sekadar pajangan. Sebagai ibu, dialah yang mengingatkan Si Doel agar bersikap adil terhadap Zaenab setelah Sarah melayangkan gugat cerai lewat kuasa hukum.

Dalam Si Doel The Movie 2, ada adegan mengharukan kala Mak Nyak memanggil Si Doel. Percakapan di dalam kamar ini berujung nasihat agar Si Doel tidak berpoligami meski agama Islam mengizinkannya.

Doel, mata Nyak memang buta. Kagak bisa melihat apa-apa, tapi Nyak bisa ngerasain, getar suaranya si Zaenab. Kayak orang ketakutan. Jujur saja Doel, lo ketemu Sarah, kan?” katanya Mak Nyak yang terbaring lemah di ranjang.

“Ya, Nyak. Doel ketemu sama mereka di sana (Belanda –red.). Doel minta maaf ya Nyak, karena Doel enggak bisa menuhin permintaan Nyak untuk enggak cari mereka di sana,” jawab Si Doel yang mengenakan kemeja merah tua.

Mendengar ini, Mak Nyak bersikap bijak seraya memahami bahwa keputusan Doel mencari Sarah dan anaknya di Belanda adalah wajar. Bagaimana pun Sarah masih istri Doel, masih menantunya pula.

Nyak cuma kecewa saja Doel, dia pergi ninggalin lo. Pergi sehari saja, kalau kagak izin sama laki kagak boleh. Ya semua itu sih pilihan ada di tangan lo Doel. Nyak sih cuma ngingetin saja. Biar gimana juga Zaenab kan sudah membantu kita Doel,” kata Mak Nyak.

Aminah Cendrakasih dalam segala keterbatasannya akibat di dera penyakit tetap tampil memukau. Sebagai ibu, ia menjadi “senter” yang menerangi jalan Si Doel kala mengambil keputusan di antara Sarah dan Zaenab.

“Selama ini yang merawat Nyak si Zaenab. Dia ngurusin lo, ngeladenin lo. Kalau lo harus ngambil keputusan, Nyak minta lo yang adil. Eh ya satu lagi Doel permintaan Nyak: Lo jangan sampai poligami. Biar kata agama izinin, kaga boleh. Jangan ya Doel,” pungkas Mak Nyak.

Dialog dalam Si Doel The Movie 2 ini salah satu momen paling krusial dan membekas di benak penonton. Adegan ini titik balik bagi Si Doel hingga akhirnya ia mampu membuat keputusan besar dalam hidup, yang tergambar dengan syahdu di film Akhir Kisah Cinta Si Doel.

Kini, Aminah Cendrakasih berpulang. Ia akan dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta, Kamis (22/12/2022). Sejumlah selebritas hingga Menteri Sandiaga Uno melantun doa melepas kepergian sang aktris menuju gerbang keabadian.

Selamat Jalan..  Semoga Tenang Dalam Keabadian Aminah Cendrakasih

29 Januari 1938 – 21 Desember 2022

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :