UNESA Gelar Pelatihan Bareng Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan kabupaten Mojokerto mengelar berbagai pelatihan di bidang pendidikan. Diantaranya, Pelatihan untuk guru PAUD tersebut digelar oleh mahasiswa Pascasarjana Unesa yang diikuti sekitar 100 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.

Pada pelatihan guru PAUD yang bertajuk ‘Kreativitas Kegiatan Bermain Menuju Merdeka Belajar di PAUD’, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengimbau, kepada seluruh guru PAUD ketika berhadapan dengan anak usia dini, maka dalam melaksanakan kegiatan bermain harus dipersiapkan dengan baik.

“Jangan sampai bermainnya ini menjadi bermain yang tanpa ada muatan pendidikan apalagi kalau bermainnya yang memberikan bekas-bekas kekecewaan, rasa takut, rasa tidak nyaman, serta kesedihan,” uangkapnya.


Selain menggelar pelatihan furu PAUD, Unesa juga menggelar pelatihan yang juga dihadiri guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang diketuai oleh Prof Suparji memberikan pelatihan dengan topik Keilmuan Konstruksi.”Topik ini disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder terkait,” ujarnya.

Dalam topik Keilmuan Konstruksi, peserta dilatih untuk membuat rencana anggaran biaya dan penjadwalan pekerjaan dengan menggunakan aplikasi Ms. Tak hanya pelatihan, dalam kegiatan itu pula didatangkan seorang narasumber dari tenaga ahli yakni, Gde Agus Yudha Prawira Adistana, untuk memberikan pemaparan pada peserta.

Peserta juga diberikan tugas untuk mengerjakan beberapa latihan soal secara langsung sebagai hasil evaluasi pelatihan, serta penilaian pada kemampuan peserta. “Kami melaksanakan kegiatan ini secara offline. Artinya, kami datang langsung ke lokasi. Alhamdulillah, semuanya lancar hingga acara selesai,” paparnya.

Meski pemberian materi hanya diberikan selama satu hari, namun hasil yang diberikan peserta cukup memuaskan dan menjadi tolok ukur bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM Pascasarjana UNESA berjalan dengan lancar.(tim/ADV)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :