Punya Kencur Di Rumah…Yuk Manfaatkan….

Manfaat kencur kerap kali digunakan sebagai obat tradisional berupa jamu oleh masyarakat Indonesia. Kencur merupakan salah satu tanaman obat yang tergolong mudah ditemukan di Indonesia. Manfaat kencur dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Kencur biasanya digunakan sebagai bahan masakan, namun manfaat kencur tak hanya sebagai penyedab makanan namun juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan baik di dalam kencur di antaranya pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin dan masih banyak lainnya.

Manfaat kencur dapat didapatkan dari olahan jamu atau campuran makanan. Bahkan suplemen makanan juga kerap menggunakan rempah ini karena manfaat kencur yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Berikut manfaat kencur untuk kesehatan :

  1. Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat kencur yang sangat populer adalah menambah nafsu makan. Ramuan ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki beberapa masalah dengan nafsu makan. Ramuan sederhana yang biasa digunakan sebagai penambah nafsu makan adalah jamu beras kencur.

Jamu ini merupakan ramuan dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. hal ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

  1. Ringankan Flu

Sifat hangat pada kencur dapat menyembuhkan pilek. Efek dari hangatnya dapat menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pilek. Selain itu, batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kencur. Kehangatan dalam minuman kencur juga bisa menetralkan batuk dan rasa pegal karenanya. Kencur juga digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain.

  1. Segarkan Tubuh

Mengonsumsi kencur setiap hari dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Perasaan segar dan hangat dari kencur bisa menyegarkan tubuh yang lelah. Kencur mengandung analgesik yang dapat meringankan rasa sakit dan penyakit lainnya. Kencur juga mengandung ekstrak methanol sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak-anak.(gk/bay)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :