Jelang Akhir Tahun, Penumpang KA di Mojokerto Diprediksi Melonjak

Jelang akhir tahun 2022, Stasiun KA Mojokerto mulai melayani pembelian tiket kereta api (KA) Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemesanan layanan tiket lebih awal untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat liburan nanti.

Kepala Stasiun Mojokerto Fajar Wahyudi mengatakan, menjelang akhir tahun, pihaknya memprediksi bakal ada kenaikan okupansi penumpang KA. Terutama dengan tujuan KA jarak jauh. Peningkatan tersebut diprediksi, sebab liburan akhir tahun bertepatan dengan Nataru sekaligus libur sekolah semester genap.

”Ditambah lagi selama tiga bulan ini okupansi penumpang terus melonjak. Makanya, pemesanan tiket lebih awal ini untuk mengantisipasi hal tersebut,” ujarnya.

Menurut data Daop 8, disebutkan pada Agustus lalu, jumlah pelanggan KA jarak jauh sebanyak 358.303 penumpang, September dengan jumah 364.303 penumpang, dan Oktober mencapai 405.495 penumpang.

”Sebelumnya, penjualan tiket KAI bisa dipesan H-30 sebelum keberangkatan. Namun, jelang periode libur Nataru, penjualan tiket sudah bisa dipesan H-45 sebelum keberangkatan,” terangnya.

Sementara itu, terkait syarat perjalanan, saat ini aturan penumpang KA masih mengacu pada SE Kemenhub Nomor 84 Tahun 2022. Yakni, calon penumpang di atas 18 tahun harus sudah divaksin ketiga, dan penumpang usia 6-17 tahun sudah divaksin dosis kedua. Sedang bagi penumpang di bawah 6 tahun wajib didampingi oleh orang tua.(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :