Lewat Pagelaran Guyon Maton, Pemkab Mojokerto Ajak Masyarakat Perangi Cukai Rokok Ilegal

Pemerintah Kabupaten Mojokerto kembali menggelar sosialisasi terkait cukai rokok ilegal. Kegiatan yang diprakarsasi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mojokerto berkolaborasi dengan Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Sidoarjo kali ini dikemas dengan pagelaran Guyon Maton Cak Percil CS, Senin (7/11).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mojokerto, Eddy Taufiq menjelaskan, pagelaran sore hari ini dalam rangka sosialisasi peraturan dalam bidang cukai. Tagline Gempur Rokok Ilegal kali ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi cukai rokok ilegal.

“Kegiatan sore hari ini dalam rangka sosialisasi cukai rokok ilegal. Sumber dana kegiatan ini merupakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022 dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” ungkapnya.

Terpisah, Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Sidoarjo, Gatot Kuncoro menjelaskan, DBHCHT diperoleh dari para pembeli rokok legal yang secara tidak langsung membayar pajak kepada pemerintah. Salah satu optimalisasi pemanfaatan DBHCHT ini untuk penegakan hukum.

“Penggunaan DBHCHT dapat digunakan untuk tiga hal, kesehatan masyarakat, mensejahterakan masyarakat dan penegakan hukum. Penegakan hukum ini salah satunya adalah menggelar kegiatan sosialisasi seperti sore hari ini,” ungkap Gatot.

Sementara itu, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam sambutan arahannya mengajak masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk memerangi peredaran rokok dengan pita cukai ilegal. “Mari bersama-sama kita perangi rokok dengan pita cukai ilegal, karena ini bisa merugikan negara. Bagi perokok, silahkan beli rokok yang ada pita cukai legal,” tuturnya.

Bupati Ikfina menambahkan, melalui rokok legal, pemerintah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih optimal dengan memanfaatkan DBHCHT. “Bagi masyarakat yang sakit, bisa dibiayai dengan DBHCHT, bantuan-bantuan sosial yang diberikan pemerintah juga sebagian dari DBHCHT. Kalau sosialisasi juga bisa ada pagelaran seperti sore ini,” katanya.

Dengan terselenggaranya agenda sore hari ini, Bupati Ikfina berharap masyarakat bisa turut serta memerangi rokok dengan pita cukai ilegal, serta masyarakat bisa terhibur dengan kegiatan pagelaran Guyon Maton Cak Percil CS bersama Abah Kirun yang berlangsung di Lapangan Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :