Kunker ke Mojokerto, Jokowi Launching Bioetanol Tebu

Untuk mendukung ketahanan energy, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Mojokerto dan melaunching dimulainya gerakan bioetanol tebu yang diawali kerja sama dengan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dengan PT Pertamina untuk memproduksi bahan bakar E5.

Launching bioetanol tebu untuk ketahanan energi digelar di PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Desa Gempolkrep, Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Presiden menerima pemaparan dari Dirut Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani tentang 2 jalur produksi bioethanol.

Jalur pertama, bioetanol dibuat dari tetes tebu atau molases, yakni produk sampingan dari pabrik gula. Seperti di PT Enero, tetes tebu dicampur dengan ragi, lalu diencerkan dengan air 10 kali lipat sampai terjadi fermentasi. Selanjutnya campuran tersebut didestilasi menghasilkan etanol. Sedangkan jalur kedua, langsung mengolah nira atau sari tebu menjadi bioetanol.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Mojokerto ini juga dihadiri Menteri yakni ESDM Arifin Tasrif, Wagub Jatim Emil Dardak, Dirut Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, serta Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati.

Usai memberi sambutan, Presiden Jokowi meresmikan dimulainya gerakan bioetanol tebu untuk ketahanan energi. Launching gerakan ini ditandai dengan peletakan nozel selang bahan bakar bioetanol ke mesin dispenser oleh Presiden.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi ini saya nyatakan dimulainya bioetanol tebu untuk ketahanan energi,” kata Jokowi di lokasi, Jumat (4/11/2022).

Selanjutnya Presiden Jokowi bertolak ke kebun tebu di Dusun Temugiring, Desa Batankrajan, Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Ia melihat langsung penanaman tebu menggunakan teknologi modern dari Brazil. (may/gk)

 

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :