Pemkot Gelar Kirab Pancasila

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Mojokerto akan menggelar Kirab Pancasila dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Selain pawai merah-putih dan kirab garuda yang dimulai pukul 14.00 WIB, yang diberangkatkan dari depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada hingga finis di Rumah Rakyat, Kota Mojokerto.

Pada malam hari nya akan ada suguhan pertunjukan wayang kulit pada pukul 19.00 WIB di SDN Purwotengah (Sekolah Soekarno). Dibawakan dalang Ki Arif Sarjono dari Boyolali, Jawa Tengah, dengan mengangkat lakon “Babad Wanamarta”.

“Kami harap event Kirab Pancasila tidak hanya membawa spirit nasionalisme, tetapi juga berkontribusi dalam kelestarian seni dan budaya daerah,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto, Mudjoko.

Dalam acara Kirab, akan diikuti sebanyak 61 kelompok peserta dari SD Negeri, SMP Negeri, SLB, hingga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto.

“Semoga dengan adanya event Kirab Pancasila ini juga menjadi bagian untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di Kota Mojokerto,” terangnya.

Selain Kirab Pancasila dan Pertunjukan Wayang Kulit, masyarakat juga akan dihibur oleh pelawak Cak Slenthem Cs.

Menariknya, panitia juga akan menyiapkan suguhan gratis dengan melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Masyarakat bisa menikmati tahu tek gratis yang disiapkan sebanyak 500 porsi bagi penonton yang hadir pertama.

Selain itu, juga disediakan 500 cangkir kopi yang juga bisa dinikmati secara cuma-cuma di lokasi pertunjukan wayang kulit.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :