Peringatan HUT ke-77 PMI, Ning Ita Satukan Visi

Palang Merah Indonesia (PMI) pada tahun 2022 ini genap berusia 77 tahun. Dalam “Terus Tebar Kebaikan” Wali Kota Mojokerto sekaligus Ketua PMI Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak seluruh keluarga besar PMI untuk menyamakan visi bahwa kehadiran keluarga besar PMI benar-benar demi sebuah tugas kemanusiaan.

“PMI yang sudah dilahirkan sejak 77 tahun yang lalu jelas filosofinya adalah seperti tangan di bawah dan seperti tangan di atas,” kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto saat peringatan Dirgahayu PMI ke-77 di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat. Sabtu (17/9).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa PMI memiliki peran ganda. Seperti tangan di bawah artinya PMI menerima, menghimpun dari para sukarelawan dari para pendonor dalam bentuk materiil, dalam bentuk darah atau dalam bentuk yang lainnya. Kemudian semuanya disalurkan oleh PMI bagi masyarakat yang membutuhan sebagai wujud filosofi tangan di atas. “Momen ulang tahun ke-77 ini tentu harus menjadi penguat semangat, motivasi bagi kita semuanya,” tegasnya.

Sementara itu Sekretaris PMI Kota Mojokerto Choirul Anwar menyampaikan bahwa selama di tahun 2022 ini sebagai bentuk kontribusi PMI Kota Mojokerto untuk Indonesia khususnya Kota Mojokerto telah melaksanakan berbagai kegiatan.

“PMI Kota Mojokerto mulai Januari sampai dengan Agustus 2022 melakukan pelayanan darah yang berhasil mengumpulkan 12.155 orang pendonor dan telah menyalurkan 11.678 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan 40 Rumah Sakit dan Faskes di Kota Mojokerto dan sekitarnya,” jelas Anwar.

Anwar menambahkan bahwa selama Januari sampai dengan Agustus 2022 selain pelayanan darah PMI Kota Mojokerto juga memberikan Layanan ambulance PMI dan Kegawatdaruratan medis sebanyak 368 layanan.

Dalam kesempatan ini para relawan PMI juga melakukan simulasi kegawatdaruratan dalam menangani korban kecelakaan lalu lintas. Yang menunjukkan betapa cekatan para relawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dalam memberikan pertolongan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Pada perinagatan HUT ke-77 PMI ini, Ning Ita selaku Ketua PMI Kota Mojokerto menyerahkan secara simbolis piagam Donor Darah Sukarela (DDS) 10 kali, 25 kali dan 50 kali, serta piagam penggerak donor kepada 9 instansi dan 7 instansi sebagai mitra PMI. Selain itu Ning Ita juga melaunching mobil donor darah yang merupakan CSR dari Bank Jatim.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :