Waspada, Makanan dan Tumbuhan ini Mengandung Racun

Racun alami dapat dibentuk dalam makanan sebagai mekanisme pertahanan dari tumbuhan. Berbagai efek kesehatan merugikan dan menimbulkan ancaman kesehatan yang serius, baik bagi manusia maupun hewan.  Racun ini diproduksi secara alami oleh organisme hidup.

Beberapa racun diproduksi oleh tanaman beracun sebagai mekanisme pertahanan alami terhadap pemangsa, serangga, atau mikroorganisme. Selain itu, juga dapat dihasilkan dari investasi mikroorganisme, seperti jamur, sebagai respon terhadap tekanan iklim.

Tanaman Hemlock atau Cicuta maculata adalah tanaman paling beracun di Amerika Utara. Bunga liar besar ini mengandung cicutoxin yang mematikan, terutama di akarnya, dan akan dengan cepat menghasilkan gejala yang berpotensi fatal jika terkonsumsi. Gejalanya akan mengakibatkan kejang-kejang yang menyakitkan, kram perut, mual, dan kematian. Gejala jangka panjang bisa menyebabkan amnesia atau tremor yang berlangsung lama.

Nah, tumbuhan apa lagi yang mengandung racun? Simak daftar berikut ini.

  1. Biotoksin laut

Racun ini dihasilkan dari alga laut dan air tawar sehingga sering disebut dengan racun alga. Racun ini menghasilkan ciguatoxins yang biasanya terdapat dalam kerang dan ikan. Racun ini tidak memiliki rasa atau bau dan tidak bisa dihilangkan dengan cara dimasak atau dibekukan.

  1. Glikosida sianogenik

Mengutip buku Kimia Pangan dan Gizi, menjelaskan bahwa glikosida sianogenik merupakan senyawa dalam bahan makanan nabati (dihasilkan oleh tanaman) dan secara potensial sangat beracun. Sebab, senyawa ini dapat terurai dan mengeluarkan hidrogen sianida.

Singkong, sorgum, akar bambu, dan almond adalah makanan yang mengandung glikosida sianogenik. Potensi toksisitas tanaman ini bergantung pada potensi konsumsinya yang menghasilkan konsentrasi sianida beracun bagi manusia.

  1. Furocoumarin

Racun ini terdapat di banyak tanaman, seperti parsnip (satu familia dengan wortel), akar seledri, tanaman jeruk (lemon, jeruk nipis, jeruk bali), dan beberapa tanaman obat. Furocoumarin adalah racun yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres.

  1. Lektin

Banyak jenis kacang yang mengandung racun lektin. Biasanya, kacang merah memiliki kandungan lektin tertinggi. Namun, lektin dapat dihancurkan dengan cara merendam kacang tersebut setidaknya 12 jam dan direbus dengan selama 10 menit dalam air.

  1. Mikotoksin

Mengutip dari who.int, mikotoksin adalah senyawa beracun alami yang dihasilkan oleh jenis jamur tertentu. Jamur yang dapat menghasilkan mikotoksin tumbuh pada berbagai bahan makanan, seperti sereal, buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah.

  1. Solanin dan chaconine

Semua tanaman dalam kategori ini, meliputi tomat, kentang, dan terong. Solanin dan chaconine merupakan kumpulan glikoalkaloid. Tanaman yang memiliki kadar tertinggi dalam racun ini adalah kecambah, kentang, dan tomat hijau.

  1. Jamur beracun

Jamur liar mengandung beberapa racun, seperti muscimol dan muscarine yang dapat menyebabkan muntah, diare, kebingungan, gangguan penglihatan, dan halusinasi. Timbulnya gejala terjadi sekitar 6-24 jam atau lebih setelah mengonsumsi jamur beracun. Sebagian besar dokter menyarankan untuk menghindari segala jenis jamur liar, kecuali jika itu memang benar-benar tidak beracun. (cnn/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :