Ampuh! Obat Batuk Alami Ini Redakan Gejala COVID-19 Subvarian Omicron BA.5

Salah satu gejala umum dari subvarian Omicron adalah batuk. Selain itu, gejala batuk terus-menerus juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Medical News Today, berikut obat batuk yang dapat membantu meredakan gejala subvarian Omicron BA.5.

1. Madu
Berdasarkan penelitian, madu dipercaya dapat membantu meredakan gejala batuk. Studi pada 2021, peneliti melihat bahwa efek dari penggunaan madu untuk obat batuk alami juga dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, mulut, dan faring.

Dengan cara mengambil satu sendok makan madu, dan menambahkannya ke dalam minuman hangat seperti teh herbal.

2. Jahe
Jahe juga termasuk sebagai obat batuk alami lantaran dapat meredakan batuk kering hingga asma. Pasalnya, bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, anti-inflamasi juga terbukti dapat meredakan mual dan nyeri.

Studi pada 2015 memperlihatkan bahwa jahe termasuk dalam produk alami yang digunakan untuk membuat obat-obatan tradisional di Asia.

3. Air putih hangat
Tak disangka bahwa air putih hangat memiliki manfaat untuk melancarkan saluran pernapasan. Selain itu, studi pada 2008 mencatat bahwa air putih dapat meredakan banyak gejala seperti sakit tenggorokan, kedinginan, hingga kelelahan.

Selain air putih hangat dapat juga meminum minuman hangat seperti teh herbal, teh hitam tanpa kafein, dan jus buah hangat.

4. Uap
Batuk, umumnya terdiri dari batuk basah dan batuk kering. Gejala ini dapat diredakan dengan uap.
Caranya, ambil mangkuk kosong, kemudian isi dengan air panas, tambahkan herbal atau minyak kayu putih.
Hirup uap selama 10-15 menit. Lakukan satu hingga dua kali dalam sehari

5. Bromelain atau enzim yang berasal dari nanas
Obat batuk alami berikutnya adalah bromelain, enzim yang terdapat pada buah nanas. Cukup dengan minum jus nanas setiap hari, untuk mengurangi lendir yang ada di tenggorokan.

Bromelain berperan untuk meredakan gejala batuk, baik batuk kering atau batuk basah.

6. Hindari makanan yang mengandung zat asam
Zat asam merupakan penyebab umum dari batuk. Menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghindari gejala batuk.

Salah satu makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat asam adalah kafein, jus jeruk, tomat, alkohol, cokelat, bawang, hingga makanan pedas yang tinggi lemak. Sebisa mungkin hindari makanan dan minuman tersebut.

7. Probiotik
Probiotik terdapat di dalam tempe, yogurt, kimchi, acar, dan keju, diyakini sebagai obat batuk alami. Penelitian pada 2016 mengatakan bahwa mengonsumsi probiotik dapat membantu meredakan saluran pernapasan yang terkena infeksi, dan secara tidak langsung dapat meredakan batuk.
(gk/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :