Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah, Lakukan 5 Langkah Ini

Paling nyebelin emang kalo pas mau donor darah, eh ditolak gara-gara tekanan darahnya rendah. Nyebelin lagi karena tekanan darah rendah atau hipotensi bisa menimbulkan beragam gejala, mulai dari pusing, sakit kepala, hingga penglihatan kabur dan pingsan. Oleh karena itu, tekanan darah rendah perlu diatasi dengan cara yang tepat agar tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi serius.

Seseorang dikatakan mengalami hipotensi jika tekanan darahnya kurang dari 90/60 mmHg. Tekanan darah rendah bisa terjadi secara tiba-tiba (akut) atau berlangsung lama (kronis). Kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh perubahan posisi yang mendadak, yang dikenal juga dengan istilah hipotensi ortostatik.

Mencukupi kebutuhan cairan harian adalah salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jadi, pastikan kamu minum 8 gelas air putih setiap hari, ya. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan beberapa cara sederhana di bawah ini untuk mengatasi tekanan darah rendah:

  1. Perhatikan posisi tubuh

Meskipun terlihat sederhana, memperhatikan posisi tubuh dapat menjadi cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Bila kamu sering merasa pusing, lemas, atau pandangan jadi kabur saat merubah posisi secara mendadak, maka ke depannya ubahlah posisimu secara perlahan.

  1. Gunakan stoking kompresi

Umumnya, stoking kompresi digunakan untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kakimu. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan stoking ini untuk mengurangi risiko munculnya keluhan akibat tekanan darah rendah yang terjadi saat perubahan posisi.

  1. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula

Ini karena salah satu kondisi yang dikaitkan dengan munculnya hipotensi adalah rendahnya kadar gula darah. Maka kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, khususnya gula dalam bentuk yang sudah diproses, seperti gula jagung.

  1. Konsumsi suplemen herbal

Beberapa tanaman herbal yang bisa kamu pilih adalah jahe, kayu manis, dan lada. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen dan tanaman herbal tersebut, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan keamanannya, terutama jika kamu memang memiliki kondisi medis tertentu.

  1. Minum obat untuk menaikkan tekanan darah

Beberapa jenis obat yang biasanya diberikan dokter untuk mengatasi kondisi ini adalah fludrocortisone dan midodrine. Obat-obat ini umumnya bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Selamat mencoba!

 

Sumber : Alodokter

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :