Bupati Mojokerto Kukuhkan 60 Pejabat Fungsional Guru Ahli Pertama

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati secara resmi melantik 60 guru dalam pengangkatan jabatan fungsional guru ahli pertama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, yang berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Rabu (27/7) siang.

Puluhan guru tersebut, terdiri dari masing-masing 18 guru Taman Kanak-kanak (TK) dan 42 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN).

Dalam sambutan dan arahannya, Ikfina menyampaikan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji yang dilaksanakan ini, berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah Nomor 17 tahun 2020, dimana setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah atau janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kedua, Peraturan Kelapa Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang tata cara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan administrator, jabatan pengawas, jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi,” ucapnya.

Lanjut Ikfina, Ia juga menjelaskan, bahwa tugas utama guru adalah mengabdi kepada masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para penerus bangsa.

“Tantangan untuk guru kedepan juga semakin berat diantaranya globalisasi, revolusi industri 4.0, era digitalisasi serta bertumbuhnya generasi milenial dan generasi Z, dan sudah kita rasakan bahwa era digitalisasi telah berkembang secara pesat,” jelasnya.

Ikfina juga menjelaskan, pada saat ini seluruh aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi dan tidak luput dunia pendidikan juga sudah berbasis online, guru harus mampu beradaptasi pada era digital dengan selalu menambah literasi teknologi, tantangan juga semakin dirasakan karena pada masa ini adalah masa bertumbuhnya generasi milenial dan generasi Z, pola-pola pengajaran disekolah yang monoton dan kurang kreatif sebaiknya mulai ditinggalkan.

“Anak-anak muda zaman sekarang yaitu generasi milenial dan generasi Z lazimnya cepat jenuh dan menyukai kegiatan yang dinamis,” ujarnya.

Selain itu, Ikfina juga mengatakan, penting bagi para guru untuk selalu menumbuhkan rasa ingin belajar terhadap hal-hal baru.

“Agar mampu mengimbangi perkembangan dunia digital dan mampu membersamai siswa yang sudah berbeda generasi,” tuturnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga berharap, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja para guru dalam membangun pemerintahan Kabupaten Mojokerto khususnya dalam bidang pendidikan.

“Karna kita sadari bersama bahwa dunia pendidikan adalah tiang utama dalam pembangunan sumber daya manusia, dimana kita berharap pada masa akan datang dapat melahirkan generasi penerus yang unggul dan berkualitas,” harapnya.

Lanjut Ikfina, Ia juga optimis dengan kerjasama yang baik, akan mampu membawa Kabupaten Mojokerto tercinta ini kearah yang lebih baik.

Diakhir sambutannya, Ikfina mengucapkan selamat kepada seluruh guru yang baru dilantik dengan jabatan guru ahli pertama, dan Ikfina berharap para guru yang baru dilantik dapat meningkatkan profesionalitas, loyalitas, dan dedikasi untuk Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Karena saya yakin bapak ibu disini adalah orang-orang yang hebat, super, dan luar biasa. Selamat bertugas, semoga Allah SWT senatiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita dalam melaksanakan setiap amanat yang telah dipercayakan kepad kita masing-masing,” pungkasnya.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :