Tiga Larangan yang Tak Boleh Dilanggar saat Malam 1 Suro

Tak lama lagi, malam 1 Suro tiba. Jika dilihat dari kalender Jawa, maka malam 1 suro akan jatuh pada 30 Juli 2022. 1 Suro adalah awal bulan pertama rahun baru Jawa yang bertepatan dengan 1 Muharam. Dan bagi sebagian masyarakat bulan ini dianggap sebagai bulan suci dan sakral.

Saat bulan Suro, orang-orang yang percaya akan melakukan renungan, introspeksi dan tafakur untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Malam 1 Suro juga kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Semua benda pusaka harus dibersihkan atau disucikan lagi secara spiritual.

Banyak yang meyakini bahwa malam 1 Suro adalah ajang berpesta makhluk astral sehingga banyak mitos beredar yang membuat orang harus lebih waspada.

Dari channel youtube Fitka Channel, ada tiga pantangan di malam 1 Suro yang harus dipahami dan tidak boleh dilanggar. Di antaranya:

Larangan Keluar Rumah

A closeup shot of a person holding a door knob and opening the door

Dalam videonya, Fitka yang merupakan pakar supranatural mengatakan, jika tidak ada hal penting sebaiknya jangan keluar rumah di waktu tersebut. Karena pada malam 1 Suro, semua energi negatif berada di dimensi yang sama dan bisa membahayakan manusia.

Larangan Berkata Buruk

Ada mitos yang beredar, jika mengucapkan kata-kata buruk seperti sumpah serapah di malam 1 Suro bisa jadi membalik pada yang mengucapnya.

Larangan Pindah atau Membangun Rumah

Dikatakan Fitka, saat malam 1 Suro akan terjadi gesekan energi, sehingga orang-orang juga dilarang membangun rumah maupun pindah rumah, karena bisa membawa kesialan.

Meski larangan saat malam 1 Suro dianjurkan dihindari agar tak tersimpa musibah dan kesialan. Namun, kita juga tetap harus berda dan pecaya hanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena apapun yang terjadi, semua atas kehendak Allah SWT.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :