Dua Pelaku Pencuri Lempengan Grill Pohon atau Besi Pengaman Tanaman di Kota Mojokerto Diringkus

Satreskrim Polresta akhirnya meringkus dua pelaku pencurian grill pohon atau besi pengaman tanaman di jalur pedestrial di Kota Mojokerto.

Kedua pelaku ditangkap saat hendak mengangkut grill pohon di Jalan Pahlawan. Pria berinisial S dan I, warga Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku berbekal senjata tajam (sajam) berupa
sebilah sabit hingga celurituntuk mencongkel grill pohon atau besi pengaman tanaman hingga diduga kuat dipakai untuk untuk berjaga-jaga dan menakut-nakuti warga.

Kedua pelaku yang diamankan yakni berinisial S dan I, warga Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon.

Kasatreskrim Polres Mojokerto Kota AKP Rizki Santoso membenarkan pengungkapan kasus pencurian grill pohon tersebut. Saat ini kedua pelaku tengah diamankan dan menjalani pemeriksaan di kantor polisi.

Selain mengamankan lempengan grill pohon atau besi pengaman tanaman, petugas juga turut mengamankan barang bukti berupa sajam .

“Penangkapan kita lakukan sekitar 02.30 oleh unit buser yang dipimpin Aiptu Toni saat melakukan patroli,” ungkapnya, Jumat (22/07/2022).

Ditengah patroli petugas mendapati kedua pelaku tengah beraksi mengambil besi penutup pedesterian di sepanjang Jalan Pahlawan.

Rizki menyebut, kerugian akibat aksi pencurian itu ditaksir mencapai Rp 100 juta. Kedua pelaku telah diamankan dan perkaranya ditangani oleh Kanit II Upda Muklisin.

Kini, pihaknya tengah melakukan pengembangan terkait kejadian serupa. Sebab, masih banyak titik grill pohon maupun grill cover (penutup saluran air) di Kota Mojokerto yang dilaporkan hilang.

Sementara itu, pihak pemkot mengaku telah mengetahui terungkapnya kasus pencurian grill pohon di Jalan Pahlawan tersebut.

Kabid Bina Marga DPUPRPRKP Kota Mojokerto Endah Supriyani menyebut, berdasarkan penghitungan yang dilakukan, total terdapat 42 buah grill pohon yang amblas diduga dicuri.

Selain di Jalan Pahlawan, kasus pencurian fasum milik pemkot itu juga marak di beberapa lokasi. Antara lain, besi penutup got di Jalan Empunala, Jalan Gajah Mada, kawasan alun-alun, Jalan Hos Cokroaminoto, kawasan Lingkungan Ketidur hingga Pekayon. Aksi pencurian itu marak sejak tahun lalu. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :