Bupati Mojokerto Serahkan Sertifikat Pelatihan Jungle Rescue

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan secara simbolis sertifikat pelatihan Jungle Rescue yang diterbitkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya kepada 50 peserta pelatihan jungle rescue, di Kantor BPBD Kabupaten Mojokerto, Rabu (20/7) pagi.

Penyerahan sertifikat ini, sebagai tindak lanjut dari selesainya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menangani penanggulangan bencana alam yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto di Aula PT. Haraka Kitri Endah, Minggu, (26/6) lalu.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Ikfina sangat bersyukur, para peserta dapat menyelesaikan pelatihan peningkatan kapasitas SDM dalam menangani bencana alam.

“Perlu bagi semua peserta pelatihan dan siapapun ketika sudah mempunyai skill dan mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat maka harus selalu diasah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ikfina juga menjelaskan, kesiapsiagaan dan ketangkasan para peserta dalam merespon semua bencana yang ada, dapat membantu para peserta dalam mempertahankan dan mengembangkan skill yang dimilikinya.

Masih Ikfina, Ia juga mengatakan, peningkatan kapasitas SDM dalam menangani bencana alam sangat penting, karena para peserta berhadapan langsung dengan kondisi kegawatdaruratan suatu bencana alam, dan kedepannya Pemkab Mojokerto akan berupaya dalam mitigasi bencana.

“Kita ini masih punya PR untuk jembatan Talun brak di Dawarblandong, bahwa untuk berproses ini harus diselesaikan, mudah-mudahan akhir juni ini bisa selesai terkait dengan kajian yang dibutuhkan,” ujarnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto, juga meminta kepada BPBD Kabupaten Mojokerto untuk mendata secara digital terkait dengan kegiatan peningkatan kapasitas SDM dan tetap menjalin hubungan dengan semua peserta untuk dapat dimonitor.

“Manakala sewaktu-waktu dibutuhkan, semua peserta peningkatan kapasitas ini bisa dipanggil seperti negara memanggil anak bangsanya,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Ikfina juga berterima kasih kepada seluruh tim BPBD Kabupaten Mojokerto atas penanganan kebakaran yang terjadi di pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko.

“Terima kasih responnya begitu cepat dan saya juga menyaksikan sendiri karena saya sudah mendapatkan laporan dan kiriman video,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Ikfina memberikan secara simbolis sertifikat pelatihan Jungle Rescue kepada lima peserta.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :