Dampak Pandemi, Job Fair di Kota Mojokerto Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Ribuan pencari kerja menyerbu geleran Mini Job Fair yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPNaker) Kota Mojokerto.

Berlokasi di halaman parkir Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada Kota Mojokerto, Selasa (28/6/2022) Antrean para pencari kerja nampak sudah mengular sejak sebelum dibuka pukul 08.00 pagi.

Mereka tidak mau menyia-nyiakan peluang agar bisa masuk di 25 perusahaan terkemuka dengan jumlah total sebanyak 1.587 lowongan pekerjaan yang disediakan.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, mini job fair yang digelar kali ini termasuk dalam rangkaian HUT Kota Mojokerto yang ke-104.

Dalam job fair kali ini pemerintah kota Mojokerto menyediakan 1.587 lowongan kerja di perusahaan-perusahaan terkemuka yang ada di Kota Mojokerto.

“Kalau judulnya Mini Job Fair tapi ternyata berdasarkan daftar hadir yang dilaporkan kepada saya sampai dengan pukul 09.45 WIB, sudah ada 2.150 yang hadir di MPP Gajah Mada. Kalau sudah begitu jadi mininya harus dicoret ini bukanlah lagi mini Job fair tetapi ini benar-benar Job Fair,” ungkapnya saat membuka Mini Job Fair di MPP Gajah Mada, Selasa (28/6).

Dirinya menilai, banyaknya antusias para pencari kerja ini, tidak lain karena dampak Pandemi Covid-19 yang melanda termasuk di Kota Mojokerto selama dua tahun ini sehingga mengakibatkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPK).

Apalagi, banyak perusahaan yang juga terdampak membatasi produksi bahkan sampai menutup usahanya dan PHK pekerja.

“Maka kesempatan hari ini adalah kesempatan yang sangat istimewa dengan adanya 1.587 lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan di Kota Mojokerto diharapkan pemicu penurunan tingkat pengangguran terbuka yang ada di Kota Mojokerto,” jelasnya.

Mini Job Fair ini juga diharapkan dapat berdampak terhadap pemulihan sektor ekonomi di Kota Mojokerto akibat Pandemi Covid-19. Apalagi Pemerintah Daerah Kota Mojokerto yang telah fokus dalam pemulihan ekonomi itu mencatat surplus ekonomi di Tahun 2022.

Sementara itu, Kapala DPMPTSPNaker Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan, tujuan Job Fair ini mempertemukan antara perusahaan dan pencari kerja di tengah lesunya ekonomi akibat dampak Covid-19.

Dari seluruh peserta Mini Job Fair setidaknya ada 40 persen perusahaan yang berdomisili di Kota Mojokerto

Kendati demikian, di Kota Mojokerto terbukti pemulihan ekonomi semakin bangkit dibuktikan dengan
animo perusahaan dan pencari kerja dalam kegiatan Mini Job Fair ini

“Kita berharap semakin banyak perusahaan-perusahaan yang ikut berpartisipasi menyediakan lowongan pekerjaan bagi warga Kota Mojokerto sehingga dapat membangkitkan ekonomi dan membuat masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Berikut data Job Fair yang diikuti oleh 25 perusahaan, 40 persen berdomisili di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Surabaya, Gresik dan Jakarta. Jumlah total sebanyak 1587 lowongan kerja di antaranya:

1. PT Lion Super Indo 9 Loker
2. PT Topsel Raharja Indonesia 12 Loker
3. PT Karya Bintang Mandiri 74 Loker
4. PT Fuji Bijak Prestasi 15 Loker
5. PT Intidragon Surta Tama 55 Loker
6. FIF Group Cab Mojokerto 60 Loker
7. CV Bumindo 42 Loker
8. PT Roman Ceramic Internasional 11 Loker
9. PT Equity World 52 Loker
10. Matahari Dept Store 10 Loker
11. CV Laris Motor 110 Loker
12. PT Istana Mitra Sendany 10 Loker
13. PT Adira Dinamika Finance 9 Loker
14. PT Mega Finance 9 Loker
15. PT Ruang Raya Indonesia 38 Loker
16. PT Surabaya Auto Comp 300 Loker
17. PT Bank Panin Cab Surabaya 76 Loker
18. PT Indomarco Prismatama 82 Loker
19. PT Nusantara Medika Utama 11 Loker
20. PT BFI Finance Indonesia 137 Loker
21. PT BPR Bhapertim Persada 15 Loker
22. LPK Nagasaki 200 Loker
23. UT School Jakarta 200 Loker
24. PT Rifan Financindo 38 Loker
25. IMM Toyota Mojokerto 12 Loker. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :