Ular Sepanjang 6 Meter Dievakuasi Dari Perkampungan Mojokerto

Ular sanca kembang sepanjang Eman meter berhasil di evakuasi Petugas damkar BPBD Kabupaten Mojokerto dadi dalam pemukiman warga. Ular terbesar kemudian dilepaskan kembali ke hutan.

Berdasarkan keterangan petugas Damkar yang melakukan evakuasi, ular tersebut di evakuasi dari rumah warga yang ada di Dusun Gempal, Desa Wunutu, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto pada Selasa (21/06/2022) Kemarin.

Ular yang diperkirakan memiliki panjang hingga enam meter tersebut tiba tiba masuk ke pemukiman warga, sebelum akhirnya berhasil di amankan warga saat akan menyebarang ke jalan.

Komandan Regu Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto Sukamto mengatakan, usai mendapatkan laporan, petugas langsung mengevakuasi ular tersebut. Lantaran warga resah dan takut jika hewan tersebut bisa melukai warga juga memakan hewan ternak.

“Kata warga, ular ini kerap memperlihatkan wujudnya di area persawahan, namun kemarin pas diamankan itu ular tersebut akan menyebrang ke di jalan desa dan langsung dimasukkan ke kurungan ayam yang di letakkan di balai desa,” bebernya, Rabu (22/06/2022).

Dia menjelaskan, proses evakuasi ular tersebut berjalan lancar meski petugas harus berusaha payah saat mengeluarkan ular terbesar dari dalam kandang ayam. Lantaran ular tersebut berusaha melilit tangan petugas dan memiliki berat yang cukup lumayan.

“Untuk beratnya diperkirakan sampai 50 kilo, dan ular ini sudah ditangkap warga lima harian sebelum akhirnya kita evakuasi,”tegasnya.

Dilain sisi, warga sekitar juga masih mempercayai akan adanya hal mistis sehingga baru dilaporkan warga setelah lima hari ditangkap.

“Sebenarnya sudah empat hari lalu. Cuman warga kan masih percaya mistis. Jadi dibiarkan dulu, takut ada yang dimimpiin. Tapi ternyata tidak ada, jadi menelpon kami,” ujarnya.

Usai dievakuasi ular dengan panjang hingga enam meter tersebut kemudian dimasukkan kedalam karung. Kemudian dirilis atau dilepas ke hutan oleh relawan untuk dikembalikan ke habitatnya lagi.

“Setelah dievakuasi, langsung kami serahkan relawan dan dirilis di kawasan hutan jati Jatirejo,”tandasnya. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :