Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Sebut, Jalur Afirmasirmasi Mendominasi

Pendaftaran jalur afirmasi pada PPDB tahun ini dipastikan membludak. Pasalnya, hingga kemarin(25/5), ribuan dokumen yang sudah diverifikasi dan validasi (verval) didominasi dari kalangan keluarga tidak mampu.

Kasi Kurikulum SMP Dispendik Kabupaten Anton Timur menuturkan, di hari ketiga proses verval di Dispendik, tercatat 1.711 berkas siswa yang sudah melalui proses verval. Rincinya, dokumen pendaftaran jalur afirmasi 1.620, jalur prestasi kejuaraan 66, dan perpindahan tugas orang tua 25 pendaftar.

“Itu update terakhir dari data yang sudah berhasil melalui proses verval di dispendik,” ujarnya.

Anton memaparkan, jalur afirmasi banyak dipilih pendaftar karena banyak siswa yang tidak bisa menggunakan jalur zonasi akibat terhalang jarak rumah.sehingga jalur ini banyak dipilih.

”kalau jalur prestasi mungkin banyak ketentuan,yang paling mudah dari jalur afirmasi, sehingga banyak yang daftar.”terangnya.

Anton tak memungkiri,masih banyak lembaga yang gagal dalam proses verval akibat dokumen yang dikumpulkan belum memenuhi persyaratan.seperti KKS (kartu Keluarga Sejahtera)yang tidak memiliki nama,sertifikat yang belum memenuhi kriteria sesuai juknis PPDB 2022.

“nah,untuk yang belum melengkapi dan belum berhasil,tetap kita layani sampai jumat nanti terakhir.bahkan kalau memungkinkanprosesverval bakal dilayani hingga malam hari,” sebutnya.(gk/maja/bay)

 

 

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :