Kesenian Bantengan Asal Dlanggu Bakal Tampil di GSBD 2022 Hari Ini

Kesenian Bantengan juga bakal memeriahkan Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) tahun 2022. Rencananya, kelompok bantengan asal Kecamatan Dlanggu bakal menampilkan kesenian bantengan di GSBD 2022 hari ini, Selasa (24/5) pagi.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto, Riedy Prastowo mengatakan, pada pelaksanaan GSBD 2022 tanggal 24 Mei besok, akan ada penampilan seni bantengan yang dimulai pukul 10 pagi di lokasi GSBD, yakni di Ubalan Waterpark, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

“Besok ada penampilan seni bantengan. Mulai pukul 10 pagi sampai jam 1 siang. Penampilan bantengan ini dari Komunitas Bantengan Kecamatan Dlanggu, pimpinan Rio Teguh Prakoso,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (23/5) siang.

Dalam penampilan seni bantengan ini, Riedy menegaskan, perform akan dikemas sepenuhnya menampilkan kesenian. “Seni bantengan ini umumnya ada pemain yang kesurupan, tetapi dalam festival ini, tidak diperbolehkan ada yang kesurupan, agar murni menampilkan kesenian,” tandasnya.

Sebelumnya, Gelar Seni Budaya Daerah tahun 2022 bakal berlangsung selama tujuh hari berturut-turut mulai 22 Mei. Setiap harinya bakal ada pagelaran seni yang beragam. Mulai dari perform grup musik, kesenian bantengan, dan perform musik keroncong.

Tidak hanya itu, di lokasi GSBD 2022 ini juga tergelar pameran UMKM. Di masing-masing stand yang telah disediakan, para pelaku UMKM menjual makanan, minuman, pakaian hingga pernak-pernik khas Kabupaten Mojokerto.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :