KPU Kota Mojokerto Tetapkan Jumlah Pemilih 105.311 Jiwa. Ada Tambahan 628 Orang

KPU Kota Mojokerto bakal menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada 2024, Jumat (20/9) besok. Sejauh ini, warga yang diperkirakan memiliki hak suara sebanyak 105.311 jiwa. Jumlah ini naik sebanyak 682 orang dibanding pada pemilu lalu.

Oggy Yulian, Divisi Perencanaan Data dan Infoprmasi KPU Kota Mojokerto mengatakan, kemarin pihaknya telah berkoordinasi dengan bawaslu untuk persiapan penetapan DPT yang dijadwalkan besok. Pertemuan itu di antaranya untuk mencocokkan data pemilih dengan badan pengawas tersebut.

“Gambaran angka DPT yang mendekati sudah ada,’’ jelasnya.

Oggy menyebut, hingga kemarin sudah muncul jumlah kemungkinan DPT sebanyak 105.311 jiwa. Data ini didapat dari tahapan tanggapan dan masukan masyarakat sejak bulan lalu serta proses perbaikan di tingkat kelurahan hingga kota. “Ini angka prediksi sebelum ditetapkan, karena jumlah pastinya masih fluktuatif sampai rapat pleno penetapan nanti,’’ imbuhnya.

Kata Oggy, dengan angka yang muncul sejauh ini, DPT pada pilkada yang akan berlangsung 27 November bakal diikuti 682 pemilih lebih banyak dibanding pada pemilu Februari lalu.

Dalam pemilihan sebelumnya, DPT di Kota Mojokerto sebanyak 104.629 jiwa. Meski sudah potensial, Oggy menegaskan jumlah ini masih bisa berubah hingga penetapan.

“Besok (Jumat (20/9) waktu pleno barangkali ada masukan dari bawaslu juga,’’ pungkasnya. (rdr/mjf/gk)