Gelar Program bulik Soimah, Bupati Mojokerto Ajak PKH Hindari Penelantaran Terhadap Anak

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak para PKH (Program Keluarga Harapan) agar sebisa mungkin menghindari penelantaran kepada anak. Ajakan tersebut disampaikan oleh Bupati Ikfina saat menggelar Program Bulik Soimah (bupati tilik deso mirsani masyarakat), pada Rabu (24/7) pagi di rumah salah satu PKH di Dusun Suru, Desa Suru Kecamatan Dawarblandong.

Perempuan pertama yang menjadi Bupati di Mojokerto itu menuturkan bahwa penelantaran kepada anak merupakan tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan. Undang-undang yang dimaksud ialah UU No 23 tahun 2004 tentang PKDRT yang termasuk dalam kategori penelantaran dalam rumah tangga.

“Penelantaran terhadap anak itu melanggar hukum, itu masuk dalam pelanggaran undang-undang PKDRT,” tuturnya.

Ikfina juga menghimbau kepada para PKH yang hadir yang notabene adalah kaum ibu, bahwa anak-anak harus senantiasa diberi kasih sayang. Salah satunya adalah dengan cara memberi pujian kepada mereka. Menurut Ikfina dengan sering memberikan pujian kepada anak, maka akan membuat anak tersebut untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik sesuai dengan pujian yang diberikan.

“Jangan lupa untuk memberi kasih sayang kepada anak, sering-seringlah memuji mereka karena dengan begitu mereka akan menjadi seperti yang dipujikan tadi, jangan sampai keluar dari mulut ibu kata-kata yang jelek,” bebernya.

Di akhir arahannya, Bupati Mojokerto tersebut juga mengajak para orang tua untuk selalu mendoakan yang terbaik bagi anaknya masing-masing. Karena anak adalah titipan dari Allah Swt. yang harus selalu dijaga, dirawat dan diberi kasih sayang agar kelak mereka bisa tumbuh menjadi seorang yang baik, saleh dan saleha.

“Anak itu harus disayang karena mereka adalah titipan Allah Swt, orang tua harus sering mendoakan anaknya,” pungkasnya.

Tampak yang hadir pada giat yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto tersebut ialah Camat Dawarblandong beserta Forkopimca Dawarblandong, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Dawarblandong, dan Kepala Desa Suru dengan jajaran pemerintah desa selaku tuan rumah program Bulik Soimah kali ini. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :