MPLS 2024, Bupati Mojokerto Kunjungi SDN Jetis 1 dan TK PKK Jetis, Ini Pesannya

Memasuki tahun ajaran baru 2024-2025, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, mengunjungi kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SDN Jetis 1 dan TK PKK Jetis, Desa Jetis Kecamatan Jetis.

Pada giat yang diadakan Senin (15/7) pagi tersebut, Bupati Ikfina berkesempatan untuk mengikuti upacara penyambutan peserta didik baru yang diselenggarakan oleh civitas SDN Jetis 1. Melalui upacara itu, Bupati Ikfina mengucapkan selamat datang kepada para siswa baru dan dilanjutkan dengan ucapan apresiasi atas kepercayaan dari masyarakat yang telah diraih oleh SD Jetis 1.

“Selamat datang anak-anakku di sekolah dasar SDN Jetis 1, semoga anak-anak bisa belajar dengan baik dan semuanya dalam keadaan menyenangkan, tidak dalam kondisi terpaksa,” ucapnya

“SDN Jetis 1 bisa menunjukkan prestasinya, kenyamanan di sekolah, dan pendidikan yang bagus, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan warga Jetis dan sekitarnya,” imbuhnya dihadapan 377 siswa SD itu.

Melalui kesempatan itu pula, Ikfina yang juga merupakan Bunda Paud Kabupaten Mojokerto itu menyampaikan kepada para wali murid peserta didik baru tentang Transisi Paud ke SD yang menyenangkan. Ikfina menjelaskan bahwa pada masa sekolah di jenjang usia dini, yaitu TK atau RA hingga kelas dua sekolah dasar, pembelajaran yang harus diterapkan kepada para siswa adalah pembelajaran dengan metode yang menyenangkan dan tidak memaksa. Menurutnya, dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, bisa membuat anak senang dengan tahapan waktu belajarnya.

“Empat tahun transisi dari Paud hingga kelas dua SD, jadi untuk membaca, menulis, menghitung, semua ada tahapannya, jangan sampai anak kita merasa terpaksa, anak kita nantinya harus senang untuk belajar,” tuturnya.

Bupati Mojokerto yang ke-30 itu melanjutkan, tentang enam nilai yang harus dikuatkan pada transisi Paud SD yang menyenangkan. Keenam nilai tersebut adalah nilai agama dan budi pekerti, kemampuan bahasa dan sosial, kematangan emosi, kemampuan motorik, kemandirian dalam merawat diri, dan kematangan kognitif. Menurut Ikfina keenam nilai yang disebutkan tadi merupakan fondasi belajar para siswa usia dini itu kedepannya.

“Keenam nilai tadi merupakan tahapan anak kita untuk belajar, jadi semua ada tahapannya, jadi jangan dipaksakan,” pungkasnya di.

Pada seremonial penyambutan siswa baru di SDN Jetis 1 tersebut, Bupati Ikfina juga melaksanakan pelepasan burung pipit dan balon tanda sekolah dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto dan Camat Jetis, hal tersebut sebagai pertanda penyambutan siswa baru yang melambangkan kecintaan kepada alam. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :