PPDB 2024/2025 di Kabupaten Mojokerto Jalur Nilai Rapor Dibuka Hingga Besok

Hingga kini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri di Kabupaten Mojokerto masih berlangsung. Saat ini PPDB memasuki tahapan akhir, yakni jalur nilai rapor dibuka.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto Ludfi Ariyono mengatakan, ketiga tahapan PPDB jenjang SMP telah bergulir.

Mulai dari tahap pertama, jalur zonasi dengan kuota 50 persen, tahap dua dengan total kuota 40 persen (jalur afirmasi 15 persen, perpindahan tugas orang tua 5 persen, jalur prestasi akademik-nonakademik 10 persen) serta tahap ketiga, prestasi nilai rapor sebanyak 20 persen.

’’Kuota masing-masing ketiga jalur ini sudah terpenuhi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,’’ katanya.

Dibukanya tahap keempat, yaitu jalur nilai rapor ini memberikan peluang bagi siswa yang tidak lolos di tahap satu, dua dan tiga.

Adapun, untuk kuotanya ditentukan dari kebutuhan masing-masing sekolah dari jumlah kuota ketiga jalur yang belum terpenuhi. ’’Kalau di satu sekolah tersebut masih ada jalur yang belum terpenuhi kuotanya, bisa diambilkan dari jalur keempat ini,’’ jelasnya.

Meskipun demikian, pada jalur ini masih ada tahap seleksinya. Dia menyebut, apabila ditemukan nilai rapor memiliki kesamaan, maka diseleksi berdasarkan jarak terdekat dari domisili calon peserta didik baru menuju sekolah yang didaftar.

’’Nilai yang diambil merupakan nilai rapor kelas IV-V pada semester 1-2 dan kelas VI semester I,’’ ujarnya.

Adapun, pelaksanaan PPDB jalur keempat dibuka hingga Selasa (4/6) besok. Setelahnya, mekanisme PPDB dilanjutkan dengan proses daftar ulang pada 19-20 Juni.

Sedangkan permulaan tahun pelajaran akan diawali sekaligus dengan kegiatan MPLS pada 15-17 Juli 2024. (rdm/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :