Peringati May Day, Pj Walikota Jalan Sehat Bersama Ribuan Pekerja, Wujudkan Hubungan Industrial Yang Harmonis

Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, Minggu pagi (12/5), ribuan buruh mengikuti jalan sehat di halaman Gedung Olahraga (GOR) dan Seni Mojopahit, Jalan Gajah Mada kota Mojokerto

Agenda yang digelarmerupakan kolaborasi Pemkot Mojokerto dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Hal ini sekaligus menjadi momentum untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis.

Giat mlaku bareng diberangkatkan langsung oleh Moh. Ali Kuncoro, Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, dari GOR dan Seni Mojopahit yang menjadi titik start dan finish.

Bersama Sigit Priyanto Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim dan jajaran stakeholder terkait, Mas Pj mengikuti jalan sehat dengan para peserta yang merupakan pekerja dari berbagai perusahaan se-Kota Mojokerto.

“Hari ini kita sama-sama memperingati Hari Buruh Internasional. Ini sebuah momentum di mana suara buruh, suara pekerja itu didengar, diakui, dan harus diperjuangkan,” demikian disampaikan Ali Kuncoro dalam sambutannya.

 

Menurut Mas Pj, salah satu hal yang harus diperjuangkan adalah kesejahteraan para buruh. Dan Pemkot Mojokerto akan berkomitmen untuk memperjuangkan kesejahteraan pekerja.

Di antaranya yang akan direalisasi dalam waktu dekat adalah menyalurkan bantuan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada buruh.

“Para buruh minta agar segera dicairkan anggaran yang dari DBHCHT, dan itu sudah kita proses. Mungkin jumlahnya memang tidak seberapa, tapi ini wujud Pemerintah Kota Mojokerto berpihak kepada buruh dan pekerja,” ulasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Kuncoro juga menegaskan untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah.

Menurutnya, tiga unsur yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kota Mojokerto ini akan saling bersinergi dan berkolaborasi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja serta memperluas peluang usaha.

“Ketika hubungan harmonis, maka iklim industri akan tumbuh. Ketika iklim industri tumbuh, tentu perekonomian juga akan meningkat,” tutur Ali Kuncoro.

Selain jalan sehat, juga digelar panggung hiburan dan pertunjukan seni barongsai. Tak hanya itu, para pekerja juga berkesempatan untuk mendapatkan doorprize melalui pengundian.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :