HUT Kabupaten Mojokerto ke-731, Dimeriahkan Festival Tari Bedaya Khas Mojokerto

Hari jadi Kabupaten Mojokerto ke-731, juga dimeriahkan festival tari bedaya putri mojosakti. Festival ini menampilkan ratusan siswi dari 26 SMP dan MTs.

Festival tari bedaya digelar di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Bedaya Putri Mojosakti merupakan tarian khas Bumi Majapahit. Sedikitnya kelompok penari dari 26 SMP dan MTs menampilkan kepiawaiannya dalam festival ini.

Disbudporapar Kabupaten Mojokerto dan tim juri akan menentukan 6 juara dalam festival tari bedaya. Juara 1 sampai 3 berhak mendapatkan hadiah Rp 4 juta, Rp 3,5 juta dan Rp 3 juta. Sedangkan juara harapan 1 sampai 3 mendapat hadiah Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, serta Rp 500 ribu.

“Semua yang tinggal di Kabupaten Mojokerto harus tau tarian Bedoyo Putri Mojosakti yang merupakan bagian dari warisan Kerajaan Majapahit, supaya anak dan cucu kita nanti merasa bangga dengan warisan leluhur kita ini,” terang Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Selasa (7/5/2024).

Ikfina hadir di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto untuk membuka festival tari bedaya putri mojosakti. Ia meminta para kepala SMP dan MTs menjadikan kesenian tari ini menjadi ekstrakulikulernya.

“Saya minta kepada para kepala sekolah yang hadir disini agar nanti bisa diupayakan tari-tarian yang merupakan warisan leluhur kerajaan Majapahit ini bisa dibuatkan ekstrakulikulernya, agar anak-anak kita terbiasa dengan tarian ini,” pungkasnya. (gm/mjf/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :