Lestarikan Budaya, Dispendik Kabupaten Mojokerto Gelar Lomba Sumpah Amukti Palapa dan Tembang Macapat

Memeriahkan rangkaian HUT ke-731 Kabupaten Mojokerto, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto memperkenalkan budaya bangsa lewat Lomba Sumpah Amukti Palapa dan Tembang Macapat.

Selama dua hari, 17-18 April, Dispendik melibatkan pelajar jenjang SD-SMP Kabupaten Mojokerto untuk berpartisipasi dalam kegitan tersebut.

Dikatakan Siti Mardijana Sekretaris Dispendik Kabupaten Mojokerto, digulirkannya Lomba Sumpah Amukti Palapa dan Tembang Macapat ini menjadi bagian dari HUT Kabupaten Mojokerto. Dua kegiatan ini juga menjadi upaya Dispendik dalam menanamkan nilai-nilai budaya pada siswa.

’’Apalagi dengan digulirkannya Lomba Sumpah Amukti Palapa. Lewat acara ini, diharapkan pelajar di Kabupaten Mojokerto harus paham dan mengetahui sejarah nenek moyang mereka,’’ katanya.

Siti menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di GOR Surya Kencana untuk Lomba Sumpah Amukti Palapa, diikuti jenjang SD dan SMP Kabupaten Mojokerto. Sedangkan Lomba Tembang Macapat, diikuti peserta didik jenjang SMP se-Kabupaten Mojokerto.

Menurutnya, kegiatan lomba yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini adalah bentuk komitmen Dispendik dalam mendidik generasi yang melestarikan budaya bangsa. Sehingga, nantinya nilai budaya Indonesia bisa tetap terjaga. ’’Sehingga tidak hanya mengenal, mereka bisa mencintai seni dan budaya dengan menciptakan, serta membentuk generasi yang mengetahui sejarah bangsa,’’ katanya.

Pelaksanaan kedua lomba tersebut berlangsung meriah. Setiap penampilan dari peserta didik, dinilai secara langsung oleh dewan juri. Diharapkan pula, kegiatan ini bisa menjadi wadah pemersatu dan mempererat rasa kebangsaan, menjaga dan menjunjung tinggi sportivitas antarpeserta. ’’Dengan meresapi, merenungi makna dibalik drama yang diperankan, siswa diharapkan bisa memetik pesan yang terkandung,’’ tutupnya.  (gk/mjf)