H-2 Lebaran, Arus Lalu-lintas di By Pass Kenanten Terpantau ada Peningkatan

H-3 Lebaran Hari Raya Idulfitri, arus lalu-lintas di Jalur By Pass Mojokerto terpantau mulai mengalami peningkatan, Sabtu (6/4/2024). Peningkatan arus lalu-lintas di jalur nasional tersebut didominasi kendaraan roda dua dari arah Surabaya mengarah ke Jombang.

Kanit Turjagwali Salantas Polees Mojokerto, Ipda Rikad Galang mengatakan, arus lalu-lintas terpantau mengalami peningkatan sekitar 3 persen. “Didominasi jumlah kendaraan dengan roda dua. Namun arus lalu-lintas terpantau landai, aman dan kondusif,” ungkapnya.

Lonjakan arus lalu-lintas di Jalur By Pass diprediksi akan mengalami peningkatan pada sare hari sampai hari H Lebaran. Ini lantaran dipengaruhi oleh faktor cuaca. Kanit menjelaskan, jika titik rawan kemacetan di Jalur By Pass terjadi di Simpang 5 Kenanten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

“Kami sudah menyiapkan langkah jika kendaraan terpantau tinggi. Kami akan melakukan contraflow, pembukaan satu lajur, one way. Kendaraan dari arah Surabaya yang akan mengarah ke Jombang diperlakukan satu arah, sementara untuk kendaraan dari Jombang ke Surabaya akan dimasukkan Kota Mojokerto,” katanya.

Di wilayah hukum Polred Mojokerto terdapat trouble spot yakni di Simpang 5 Kenanten, Kecamatan Puri dan jalur wisata Pacet – Trawas. Kanit menjelaskan, dua trouble spot tersebut diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik sehingga Satlantas Polres Mojokerto akan memberlakukan buka tutup.

“Pertama kami akan buka tutup arus, kemudian berlakukan contraflow dan jika tidak memungkinkan akan kami berlakukan sistem one way. Untuk masyarakat, kami menghimbau apabila kami memberlakukan rekayasa lalu-lintas dalam penggunaan jalan, untuk berhati-hati,” ujarnya.

Kanit menghimbau agar masyarakat untuk memperhatikan kecepatan, keselamatan diri dan keselamatan pengguna jalan lain. Masih kata Kanit, jika masyarakat lelah dalam penjalanan mudik maupun balik Lebaran 2024 untuk beristirahat di rest area maupun pos pelayanan serta pos pengamanan.

“Kami menyediakan dua pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Dua pos pelayanan yakni di Simpang 5 Kenanten Kecamatan Puri dan Bunderan Taman Pacet. Sedang pos pengamanan ada di Simpang 3 Damplang Kecamatan Pacet dan Simpang 3 Taman Kecamatan Mojosari,” jelasnya. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :